Ahad 06 Mar 2022 06:27 WIB

Rajin Sholat Kebiasaan Orang-Orang Saleh dari Masa Klasik

Ciri orang shaleh di masa lalu adalah sholat malam.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Rajin Sholat Kebiasaan Orang-Orang Sholeh dari Masa Klasik. Foto:    Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Rajin Sholat Kebiasaan Orang-Orang Sholeh dari Masa Klasik. Foto: Gerakan shalat saat sedang bersujud (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sebelum Islam datang, Allah SWT telah menciptkan para Nabi yang shaleh yang senantiasa menegakkan dakwah dan kebenaran. Seluruhnya memiliki kebiasaan yang sama, yakni rajin mendirikan sholat malam (qiyamul lail). 

Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan, qiyamul lail merupakan kebiasaan klasik yang senantiasa dilakukan orang-orang shaleh terdahulu dan bersungguh-sungguh dalam meraih keutamaannya. Hal ini bersumber pula dari hadis-hadis Nabi yang diriwayatkan oleh sejumlah maestro hadis. 

Baca Juga

Kebiasaan lainnya dari orang-orang shaleh mulai dari zaman klasik adalah berpuasa. Ibnu Abbas berkata, "Sesungguhnya Isa bin Maryam setiap kali mendapati malam maka segera merapatkan kedua telapak kakinya dan berdiri untuk sholat hingga pagi,". 

Dalam riwayat lain disebutkan, "Ahabbu as-shiyami ilallahi shiyamu dawud kaana yashumu yauman wa yufthiru yauman wa ahabbu as-shalati ilallahi shalatu dawud kaana yanaamu nishfa al-laili wa yaqumu tsulatsahu sudusahu,". 

Yang artinya, "Puasa yang paling dicintai Allah adalah puasa Dawud, di mana ia berpuasa sehari dan tidak berpuasa di hari berikutnya. Sedangkan shalat yang paling dicintai Allah adalah shalat Dawud, di mana ia tidur di separuh malam dan bangun pada sepertiga malamnya lalu tidur di seperenamnya,". 

Dalam hadis Muadz disebutkan, "Maukah kalian kutunjukkan pintu-pintu gerbang kebaikan? Puasa adalah perisai, sedekah menghapuskan kesalahan sebagaimana memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam,". 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement