Kamis 03 Mar 2022 15:52 WIB

9 Hal yang Jarang Diketahui Soal Sejarah Bulan Syaban

Syaban ada di antara bulan Ramadhan dan bulan Rajab.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
9 Hal yang Jarang Diketahui Soal Sejarah Bulan Syaban
Foto: EPA-EFE/Lavandeira Jr.
9 Hal yang Jarang Diketahui Soal Sejarah Bulan Syaban

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tanggal 1 Syaban 1443 Hijriyah jatuh pada Jumat 4 Maret 2022. Bulan Syaban memiliki sejarah yang panjang terkait penamaannya. Ada banyak hal yang jarang diketahui mengenai bulan itu. Setidaknya ada sembilan hal yang perlu diketahui tentang Syaban.

1. Sudah Digunakan pada Masa Pra-Islam

Baca Juga

Bulan Syaban adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriyah. Nama bulan ini, sebagaimana bulan-bulan lainnya, berasal dari zaman pra-Islam.

2. Makna Secara Bahasa

 

Akar kata Syaban yaitu Sya'aba, yang kemudian mengikuti susunan wazan Fa'laan, maka menjadi Sya'baan. Ini sebagaimana tertulis dalam kitab Syamsul Ulum wa Dawa Kalam al-Arob min al-Kuluum karya Nashwan bin Said al-Hamiri.

Sedangkan secara makna kamus, Sya'ban berasal dari kata "tasya'aba" yang bermakna "tafarruq". Kata ini memiliki beberapa padanan makna yaitu berpencar, bercabang, berpisah, dan menyebar.

3. Bangsa Arab Melakukan Berbagai Aktivitas

Bulan itu disebut Syaban karena selama bulan tersebut, bangsa-bangsa Arab melakukan berbagai macam aktivitas. Hal ini mengingat pada bulan sebelumnya, Rajab, bangsa Arab dilarang melakukan peperangan.

4. Orang Arab Berpencar Mencari Air

Ibnu Duraid menjelaskan disebut Syaban karena selama bulan ini banyak orang Arab yang berpencar dan bepergian mencari air. Lalu orang-orang yang mencari air itu, yang disebut "Sya'baniyyat", atau "Syu'abain", atau "Sya'ban", berkumpul di daerah Yaman di Himyar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement