Kamis 03 Mar 2022 17:30 WIB

Allah Tegaskan Fungsi Alquran Dalam QS Ibrahim Ayat 1

Fungsi Alquran ditegaskan Allah dalam QS Ibrahim Ayat 1.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Allah Tegaskan Fungsi Alquran Dalam QS Ibrahim Ayat 1. Foto:    Alquran (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Allah Tegaskan Fungsi Alquran Dalam QS Ibrahim Ayat 1. Foto: Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Alquran adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah menurunkan Alquran kepada Rasulullah untuk mengajak manusia keluar dari kegelapan menuju cahaya dengan izin Allah. Hal ini dijelaskan dalam Surah Ibrahim Ayat 1 dan tafsirnya.

الۤرٰ ۗ كِتٰبٌ اَنْزَلْنٰهُ اِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمٰتِ اِلَى النُّوْرِ ەۙ بِاِذْنِ رَبِّهِمْ اِلٰى صِرَاطِ الْعَزِيْزِ الْحَمِيْدِۙ

Baca Juga

Alif Lam Ra. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dari kegelapan kepada cahaya terang-benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa, Maha Terpuji. (QS Ibrahim: 1)

Dalam penjelasan Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, dalam firman Allah SWT ini sesudah Alif Lam Ra menjelaskan maksud dan tujuan diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW. Allah menurunkan Alquran kepada Rasulullah agar petunjuk dan peraturan-peraturan yang dibawa Alquran itu dapat menjadi tuntunan dan bimbingan kepada umatnya.

Dengan petunjuk itu mereka dapat dikeluarkan dari kegelapan ke cahaya yang terang-benderang, atau dari kesesatan dan kejahilan ke jalan yang benar dan mempunyai ilmu pengetahuan serta peradaban yang tinggi. Sehingga mereka memperoleh ridho dan kasih sayang Allah SWT di dunia dan di akhirat.

Penegasan tentang fungsi Alquran ini sangat penting sekali, apalagi jika dihubungkan dengan ayat-ayat yang sebelumnya, di mana Allah SWT telah menyebutkan adanya orang-orang yang mengingkari Alquran, baik sebagian, maupun keseluruhannya.

Selanjutnya dalam ayat ini diterangkan bahwa Rasulullah hanya dapat menjalankan tugas tersebut di atas dengan izin dan bantuan dari Allah SWT, dengan cara memberi kemudahan dan menguatkan tekad beliau dalam menghadapi segala rintangan.

Alquran merupakan jalan yang dibentangkan Allah Yang Maha Kuasa dan Maha Terpuji bagi Nabi Muhammad SAW dan umatnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement