Rabu 02 Mar 2022 15:32 WIB

Beberapa Kesalahan Makmum Saat Ketinggalan Sholat Berjamaah

Kapankah batas seorang makmum telah mendapatkan rakaat sholat bersama imam?

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Beberapa Kesalahan Makmum Saat Ketinggalan Sholat Berjamaah
Foto: Prayogi/Republika.
Beberapa Kesalahan Makmum Saat Ketinggalan Sholat Berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terkadang seorang makmum yang hendak sholat berjamaah terlambat mengikuti sholat di awal waktu. Dan kapankah batas seorang makmum telah mendapatkan rakaat sholat bersama imam?

Dikutip dari buku 221 Kesalahan dalam Shalat Beserta Koreksinya dari Abdul Aziz bin Nashir al-Musainid, ada kesalahan di mana sebagian orang yang sholat jika masuk masjid sementara imam sedang ruku’, lalu dia mengucapkan takbir untuk masuk ruku', namun sebelum selesai mengucapkan takbir, ternyata imam sudah bangkit dari ruku' dan mengucapkan: (سمع الله). Maka, makmum itu meyakini dia telah mendapati raka'at ini bersama imam. 

Baca Juga

Yang benar: Jika orang yang sholat masuk masjid, sementara imam sedang ruku’, lalu dia pun mengucapkan takbir untuk masuk ruku’. Namun ternyata imam sudah bangkit dari ruku' sebelum makmum selesai mengucapkan takbir. Maka, rakaat itu pun tidak dihitung atau dianggap mengingat dia tidak mendapatinya bersama imam, melainkan rakaat telah terlewat darinya. Wajib baginya untuk mengqadhanya setelah imam mengucapkan salam. 

Kemudian kesalahan lain, yakni kebanyakan masbuq (yang ketinggalan jamaah) mengucapkan takbir ketika ruku' sewaktu mendapati imam dalam posisi ruku’.

Yang benar: Jika makmum masuk, sementar imam sedang ruku', maka hendaknya dia mengucapkan takbiratul ihram dalam posisi berdiri, lalu setelah itu dia mengucapkan takbir untuk ruku’. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement