Senin 28 Feb 2022 10:57 WIB

Karena Rasulullah Seorang yang Dermawan

Ada banyak sifat mulia yang ditunjukkannya. Salah satunya ialah kedermawanan.

Isra Miraj Rasulullah SAW.
Foto:

Di pasar, beliau berhasil membeli satu setel pakaian gamis. Saat sedang berjalan pulang, tiba-tiba Na bi SAW mendengar seorang kakek berteriak. "Barang siapa yang memberi pakaian, Allah akan mendandaninya kelak,"kata lelaki lan sia berbaju compang-camping itu.

Rasul SAW langsung mendekati sumber suara itu. Didapatinya ada seorang tua yang berpakaian lusuh, tak pantas pakai. Seketika, beliau melepas gamis yang baru saja dibelinya untuk diberikan kepada pria tua tersebut.

Melanjutkan perjalanan, Rasulullah SAW berjumpa dengan seorang perempuan yang tadi diberinya dua dirham. Perempuan itu kembali mengadukan persoalannya kepada Nabi Muhammad SAW. 

Kepada Rasulullah, perempuan itu bercerita soal ketakutannya dihukum majikan karena terlambat pulang. Dengan senang hati, Nabi SAW mengantar perempuan tersebut ke rumah majikannya.Sesampainya di rumah si majikan, dua kali salam beliau tak dijawab.Salam ketiga, barulah tuan rumah menjawab.

 "Jika perempuan budak ini salah dan perlu dihukum, biarlah saya yang menerima hukumannya," kata Rasulullah kepada majikan perempuan tersebut.

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement