Selasa 22 Feb 2022 16:41 WIB

3 Amalan untuk Raih Hidup Berkah, Rezeki Melimpah, dan Kesehatan

Allah SWT memberikan nikmat berupa hidup berkah, rezeki, dan kesehatan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Membaca Alquran di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun, Jawa Timur (ilustrasi). Allah SWT memberikan nikmat berupa hidup berkah, rezeki, dan kesehatan.
Foto: SISWOWIDODO/ANTARA
Membaca Alquran di Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun, Jawa Timur (ilustrasi). Allah SWT memberikan nikmat berupa hidup berkah, rezeki, dan kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO —Kebahagiaan hidup sepertinya bisa dirangkum dalam nikmat-nikmat ini yaitu mendapat keberkahan hidup, rezeki melimpah, dan mempunyai tubuh yang sehat.

Saat seseorang memilikinya, berarti dia tidak hanya akan bahagia di dunia, tapi juga dengan izin Allah SWT tentunya, bisa bahagia di akhirat kelak. 

Baca Juga

Ternyata ada cara untuk menggapai nikmat-nikmat itu dalam Islam. Beberapa amalan dianjurkan untuk bisa meraih nikmat tersebut. Apa saja amalan itu?  

Dilansir dari Masrawy, pendakwah Mesir, Dr Amr Khaled mengungkapkan memang ada tiga amalan untuk meningkatkan berkah dalam hidup, penghidupan dan kesehatan. Amalan tersebut adalah takwa kepada Allah SWT, membaca Alquran, dan menyambung silaturahim.  

 

Takwa kepada Allah SWT menjadi amalan yang disebutnya akan memberikan keberkahan hidup seseorang. 

Seorang Muslim harus mengamalkan dan meningkatkan ketakwaannya setiap hari. Dengan bertakwa, seseorang berarti mendahulukan Allah SWT atas segala sesuatu. Allah SWT berfirman:

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ ٱلْقُرَىٰٓ ءَامَنُوا۟ وَٱتَّقَوْا۟ لَفَتَحْنَا عَلَيْهِم بَرَكَٰتٍ مِّنَ ٱلسَّمَآءِ وَٱلْأَرْضِ وَلَٰكِن كَذَّبُوا۟ فَأَخَذْنَٰهُم بِمَا كَانُوا۟ يَكْسِبُونَ 

Artinya, "Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya." (QS Al Araf ayat 96). 

Amalan lain yang akan memberikan keberkahan hingga kesehatan tubuh adalah membaca Alquran. 

Membaca Alquran dalam berbagai penelitian dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang. Selain tentunya memberikan keberkahan dan pahala bagi pembacanya. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلنَّاسُ قَدْ جَآءَتْكُم مَّوْعِظَةٌ مِّن رَّبِّكُمْ وَشِفَآءٌ لِّمَا فِى ٱلصُّدُورِ وَهُدًى وَرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِينَ 

Artinya, "Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman." (QS Yunus ayat 57). Dalam ayat lain dijelaskan, 

 وَهَٰذَا كِتَٰبٌ أَنزَلْنَٰهُ مُبَارَكٌ فَٱتَّبِعُوهُ وَٱتَّقُوا۟ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ 

Artinya, "Dan Alquran itu adalah kitab yang Kami turunkan yang diberkati, maka ikutilah dia dan bertakwalah agar kamu diberi rahmat." (QS. Al Anam ayat 155). 

Baca juga: Mualaf Edy, Takluknya Sang Misionaris di Hadapan Surat Al Ikhlas

Amalan lain yang jika diamalkan dapat memperlancar rezeki hingga diberi umur panjang adalah dengan menjalin silaturahim. Rasulullah SAW bersabda: 

مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ، وَأَنْ يُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ، فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ  "Barang siapa ingin dilapangkan rezekinya dan ditambah umurnya, maka hendaklah menjalin silaturahim." (HR Bukhari).

 

Sumber: masrawy

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement