Senin 21 Feb 2022 13:37 WIB

10 Negara Terbaik untuk Tinggal pada Hari Tua

10 negara ini terbaik dari segi biaya hidup, iklim, higga layanan medis bagi lansia.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah
10 negara ini terbaik dari segi biaya hidup, iklim, higga layanan medis bagi lansia.
Foto: Flickr
10 negara ini terbaik dari segi biaya hidup, iklim, higga layanan medis bagi lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda dapat menghabiskan tahun-tahun emas kehidupan di mana saja di dunia, ke mana Anda ingin pergi? Menurut sebuah laporan, beberapa destinasi punya keunggulan dibandingkan yang lain.

International Living Global Retirement Index 2022 mengumumkan 10 negara yang dianggap sebagai tempat terbaik menghabiskan masa pensiun. Laporan yang dirilis setiap tahun itu membuat penilaian dari sejumlah poin.

Baca Juga

Indeks meninjau kombinasi data tiap negara, seperti biaya hidup, iklim, ketersediaan layanan medis, birokrasi, dan pengalaman kualitatif dari ekspatriat. Berikut 10 negara yang dianggap paling baik untuk menghabiskan hari tua, dikutip dari laman NZ Herald, Senin (21/2/2022).

 

1. Panama

Tempat terbaik menurut indeks tersebut adalah Panama. Ada pilihan lokasi tempat tinggal di kota, pantai, pegunungan, maupun dataran tinggi. Keunggulan lain di negara beriklim tropis itu yakni penduduk yang terkenal ramah, standar terbaik fasilitas medis, dan tingkat kejahatan rendah.

 

2. Kosta Rika

Terletak di antara Panama dan Nikaragua, negara Amerika Tengah ini memiliki tingkat melek huruf yang tinggi. Biaya hidupnya rendah, pemandangan negaranya indah, kehidupan demokrasinya stabil, dan sistem perawatan kesehatannya merupakan salah satu yang terbaik di Amerika Latin.

 

3. Meksiko

Meksiko berada di urutan ketiga sebagai tempat pensiun terbaik. Perawatan kesehatan yang terjangkau menjadikannya destinasi wisata medis. Proses pembuatan visa dan residensi yang tidak rumit juga membuat perpindahan ke Meksiko lebih mudah dibandingkan dengan negara lain.

 

4. Portugal

Kota-kota kuno dan pantai-pantai alami di Portugal telah memikat para pelancong dari segala usia, termasuk mereka yang berusia senja. Bahasa Inggris digunakan secara meluas di sejumlah wilayah Portugal, menjadi salah satu nilai tambah untuk lokasi menghabiskan masa tua warga dunia.

 

5. Kolombia

Kolombia menawarkan berbagai lanskap memesona, mulai dari hutan hujan, pulau, dan pegunungan. Selain akses ke fasilitas perawatan kesehatan berkualitas tinggi, biaya properti di Kolombia relatif rendah dan proses aplikasi visa yang tidak rumit.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement