Kamis 17 Feb 2022 18:18 WIB

Ketentuan Berpuasa Rajab, Ini Penjelasannya

Seperti apa puasa sunah Rajab itu dan bagaimana ketentuannya?

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Infografis Amalan Sunnah di Bulan Rajab
Foto:

Menurut Gus Hayid seseorang dapat melaksanakan puasa sunah Rajab pada hari Senin dan Kamis dengan niat berpuasa sunah Rajab. Atau puasa sunah Rajab juga bisa dilakukan pada awal Rajab, pertengahan Rajab, atau pada akhir Rajab.

Seorang Muslim juga dapat melakukan puasa sunah Rajab pada ayyamul bidh yakni pada tanggal 13,14 dan 15 Rajab atau pada tanggal 14,15 dan 16 Rajab. Atau seorang Muslim dapat melakukan niat puasa Rajab dalam sepuluh hari, lima belas hari dan seterusnya.

Gus Hayid mengatakan KH. Maimun Zubair pernah menyampaikan riwayat tentang keutamaan Rajab. Karena itu sangat baik untuk berpuasa sunah Rajab. Menukil keterangan Mbah Moen, Gus Hayid menjelaskan bahwa semaksimal mungkin seorang Muslim berupaya untuk bisa melaksanakan puasa sunah di bulan Rajab.

Terutama pada sepuluh hari pertama di bulan Rajab. Sebab pada tanggal satu di bulan Rajab, diciptakannya nur nabi Muhammad SAW. Sedang pada tanggal sepuluh di bulan Rajab, nur nabi Muhammad dititipkan kepada rahim sayyidati Aminah.

"Jadi saya kira sangat jelas untuk kesunahan puasa Rajab adalah kesunahan umum melalui hadits umum di mana Rasulullah mengajak dan mengajarkan pada kita memperbanyak puasa dan ibadah-ibadah lain di bulan-bulan haram karena pahalanya dilipatgandakan," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement