Kamis 17 Feb 2022 16:56 WIB

5 Langkah Sederhana Biasakan Anak Anda Melaksanakan Sholat

Teladan orang tua merupakan hal mutlak biasakan anak sholat

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi membiasakan anak sholat. Teladan orang tua merupakan hal mutlak biasakan anak sholat
Foto:

Ketiga, berikan gambaran sholat dari Nabi Muhammad SAW dan sahabat 

Agar anak menyadari keutamaan sholat, perlu juga membacakan kepada anak teladan sholat Nabi SAW dan para sahabat.

Karena anjuran dengan ucapan langsung mungkin tidak dipahami oleh anak pada tahap awal, ia bahkan mungkin menganggap sholat sebagai beban berat karena menghalanginya dari bermain.  

Tetapi ketika orang tua memberikan gambaran dalam imajinasinya terkait orang-orang beriman yang saleh yang hatinya terhubung dengan Tuhan.

Kemudian dijelaskan bahwa mereka menemukan kenyamanan dalam sholat, maka itu akan lebih mendorong anak untuk mencintai sholat.  

Hendaknya anak mengetahui bahwa Rasulullah SAW biasa sholat malam sampai bengkak kedua kakinya, mengucap syukur kepada Allah SWT atas nikmatnya, dan bahwa di antara orang-orang saleh ada seorang laki-laki yang dipotong anggota tubuhnya yang sakit ketika dia sedang sholat dan dia hampir tidak merasakan apa yang terjadi padanya sampai dia menyelesaikan sholatnya 

Keempat, mendampingi anak-anak ke masjid 

Pergi ke masjid juga bisa menjadi hiburan bagi anak-anak, karena yang membuat mereka senang adalah pergi keluar bersama orang tua, menemani mereka ke tempat-tempat umum, dan berbagi minat. Dengan begini, keinginan anak untuk sholat dan melakukannya di masjid akan lebih besar   

Baca juga: Kisah Puji dan Agus, Suami Istri yang Bersama-sama Masuk Islam

 

Kelima, memberikan penghargaan kepada anak 

 

Menjadi penting juga mengetahui bahwa anak membutuhkan motivasi dan penghargaan untuk setiap perbuatan positif yang dilakukannya. Tidak hanya terkait capaian pendidikan umum atau hal duniawi lainnya, tapi juga termasuk capaiannya dalam menjaga sholat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement