Kamis 17 Feb 2022 16:15 WIB

Sholat Zhuhur dan Isya Diakhirkan, Bolehkah?

Rasulullah SAW bersabda bahwa sholat pada awal waktu itu jauh lebih utama.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Sholat. (Republika/ Prayogi )
Foto:

Selanjutnya, mengenai sholat Isya yang dikerjakan pada akhir waktu, Ustaz Azizan menerangkan, hal itu didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Aisyah RA. Dalam hadis ini disebutkan, suatu hari, pada pengujung sepertiga malam yang pertama, Nabi Muhammad SAW ke luar rumah menuju Masjid Nabawi untuk sholat Isya secara berjamaah bersama para sahabat.

Berdasarkan hal itu, patut ditekankan bahwa mengakhirkan shalat Isya juga terkait dengan sholat berjamaah. Karena itu, tidak ada alasan bagi laki-laki yang ingin mengakhirkan sholat Isya, tetapi tidak berjamaah. "Jadi, mengakhirkan sholat Isya juga terkait shalat berjamaah," kata Ustadz Azizan.

Lantas, mengapa Nabi Muhammad SAW mengakhirkan waktu shalat Isya?

Nabi SAW menyampaikan, pengujung sepertiga malam pertama merupakan waktu terbaik untuk menunaikan shalat Isya berjamaah jika tidak memberatkan umatnya. Karena itu, Ustadz Azizan mengatakan, tidak masalah jika ada masjid yang mengerjakan sholat Isya berjamaah dengan mengakhirkan pelaksanaannya.

"Tetapi, kalau masjidnya tidak meng akhirkan sholat Isya, terus kita ini siatif sendiri, kita tidak sholat berjamaah dengan alasan ingin meng akhir kan shalat, maka ini tidak benar. Jadi, mengakhirkan sholat Isya ini tetap berkaitan dengan sholat berjamaah bagi laki-laki," katanya menjelaskan.

Lantas, bagaimana untuk perempuan?

Ia menjelaskan, perempuan boleh mengakhirkan pelaksanaan sholat Isya tanpa berjamaah karena perempuan tidak terikat untuk menunaikan shalat berjamaah. Namun, dia mengingatkan agar tidak bermainmain pada batasan Allah SWT.

Dia mengingatkan, batas waktu mengakhirkan sholat Isya ini juga harus diperhatikan. Sebab, jangan sampai ada yang mengira batas waktunya adalah pukul 02.00 atau 03.00 dini hari. Menurut dia, Nabi SAW pergi menuju Masjid Nabawi untuk shalat Isya tidak sampai pertengahan malam.

 

Pengujung sepertiga malam pertama di Indonesia yaitu sekitar pukul 21.30 sampai 22.00 jika waktu Isya sekitar pukul 19.00. "Kalau sekarang, bisa sampai jam setengah 11 malam. Artinya, tidak sampai pertengahan malam juga.''

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement