Rabu 16 Feb 2022 03:08 WIB

Tulisan 'Bismillah' Ditemukan Terukir di Marmer Berusia 195 Juta Tahun

Tulisan 'Bismillah' ditemukan terukir di marmer berusia 195 juta tahun di Turki

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Agung Sasongko
Bismillah (ilustrasi). Tulisan 'Bismillah' Ditemukan Terukir di Marmer Berusia 195 juta tahun di Turki
Foto: IST
Bismillah (ilustrasi). Tulisan 'Bismillah' Ditemukan Terukir di Marmer Berusia 195 juta tahun di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Analisis ilmiah menunjukkan bahwa pembentukan tanda "Bismillah" pada lempengan marmer yang sepenuhnya disebabkan melalui proses yang alami. Tulisan tersebut tampak membentuk "Bismillah", dan terdapat pada lempengan marmer yang ditemukan di tambang marmer.

Penemuan itu terjadi di kawasan usaha marmer Perusahaan Industri dan Perdagangan Marmer Antalya di Taskesigi, Antalya Korkuteli, Provinsi Antalya, Mediterania, Turki. Semula para penambang yang menemukannya tertarik pada sebuah batu yang sedang diproses di tambang.

Baca Juga

Setelah membersihkan debu batu tersebut, para pekerja melihat tanda yang muncul dan mengeja "Bismillah" dalam huruf Arab. Lempengan itu kemudian dikirim ke Universitas Suleyman Demirel di provinsi Isparta barat daya Türkiye untuk dianalisis.

Ilmuwan Fuzuli Yagmurlu, Rasit Altindag dan Nazmi Sengun membuat penemuan menarik dalam analisis mereka. Mereka meyakini tanda yang membentuk tulisan Bismillah dalam huruf Arab itu terjadi secara alami.

Penelitian juga menyebutkan, tulisan itu terbentuk sebagai hasil dari fragmentasi, deformasi dan susunan sisa-sisa kerang berbentuk hati dari waktu ke waktu. Fakultas Teologi Universitas Akdeniz juga memberikan pemaparan terkait hal tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement