Selasa 15 Feb 2022 11:34 WIB

Pesona Masjid Raya Jumat Shamakhi Azerbaijan

Dalam bahasa lokal, tempat ibadah itu disebut sebagai Samaxi Cume Mescidi.

Masjid Jumat Samakhi, Azerbaijan
Foto:

Dari Baku, seseorang perlu menempuh perjalanan sepanjang 106 km untuk mencapai lokasi. Rihlah sejauh itu insya Allah tidak akan berujung pada penyesalan. Sebab, panorama keindahan yang ditawarkannya terbilang mempesona.

Pertama-tama, nuansa sejarahnya.Masjid Raya Jumat Shamakhi dibangun pada tahun 743 atau 744 M. Beberapa penelitian arkeologis mengungkapkan, masjid tersebut menjadi bukti kejayaan Umayyah di region Pegunungan Kaukasus. Bahkan, inilah bangunan pertama yang berdiri sebagai masjid di kawasan tersebut.

Sejak mula dibangun, Masjid Raya Shamakhi difungsikan tidak hanya sebagai tempat ibadah untuk umum, tetapi juga pusat dakwah Islam. Syiar ajaran tauhid di seluruh pesisir Kaspia ditopang antara lain oleh keaktifan para mubaligh di masjid tersebut. 

Hingga kini Masjid Raya Shamakhi masih tegak berdiri. Bagaimanapun, struktur bangunan aslinya sudah tidak ada lagi. Sebab, konstruksi itu telah mengalami beberapa kali kehancuran, baik yang disebabkan faktor alam maupun manusia. Kabar baiknya, destruksi tidak terjadi hingga seluruhnya.Pembangunan-kembali atau renovasi juga cukup gencar dilakukan.

Satu contoh musibah yang pernah menerpa masjid itu ialah gempa bumi pada 1859. Nyaris sebagian fondasi asli Masjid Raya Shamakhi rusak sama sekali. Jauh sebelumnya, tempat ibadah kaum Muslimin itu pernah menjadi sasaran amuk pasukan Kerajaan Georgia pada 1123.

Memasuki abad ke-17, Dinasti Safawid dari Iran menguasai wilayah Azerbaijan. Rajanya memerintahkan jajaran untuk merenovasi Masjid Raya Shamakhi. Ada banyak struktur-baru didirikan di sana sehingga mengubah banyak bentuk awal masjid. Namun, pada abad ke-18 region Kaukasus dicaplok Rusia.Khususnya setelah Uni Soviet terbentuk, maka dalam waktu yang lama masjid tersebut cenderung terabaikan.

 

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement