Selasa 15 Feb 2022 05:16 WIB

Dzikir Hasbunallah Wa Nimal Wakil untuk Perang? Ini Penjelasan Ulama Mesir  

Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi bacaan dzikir hasbunallah wa nimal wakil. Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang
Ilustrasi bacaan dzikir hasbunallah wa nimal wakil. Dzikir hasbunallah wa nimal wakil bukan dzikir untuk perang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Salah satu kalimat dzikir dalam Islam, yaitu حَسْبُنَا ٱللَّهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ hasbunallah wa nimal wakil (cukuplah Allah menjadi Penolong kami) sedang ramai dibahas, khususnya oleh warganet. 

Diskusi ini terjadi lantaran kalimat tersebut dikatakan sebagai dzikir untuk perang oleh eks Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito dalam sebuah sesi wawancara.  

Baca Juga

Benarkah dzikir ini bertujuan untuk memulai perang? Atau bahkan menunjukkan keinginan untuk perang? Bagaimana sejarah dzikir ini? Apa tujuan sebenarnya dzikir ini?  

Mantan Mufti Besar Mesir yang juga Dewan Ulama Senior Al-Azhar, Dr Ali Jumah, mengatakan kalimat ini merupakan doa, kalimat dzikir, pelindung dari kejahatan dan memiliki banyak kebaikan saat diamalkan. Kalimat ini adalah salah satu doa terbesar yang terkandung dalam Alquran dan sunnah.  

 

Kalimat ini dikatakannya bisa juga dibaca saat berbagai kondisi sulit, seperti dalam rasa khawatir, ketakutan atau dalam tekanan yang cukup pelik. Doa hasbunallah wa nimal wakil akan menguatkan hati seorang Muslim, bahkan saat menghadapi orang zalim.  

"Para masayikh (ulama-ulama) bahkan menyarankan kita untuk membaca hasbunallah wa nimal wakil sebanyak 450 kali," katanya dilansir dari Elbalad. 

Menurutnya, dzikir ini disebutkan dalam Alquran yang mengisahkan tentang Perang Hamra al-Asad pada masa Rasulullah SAW. Saat itu, orang-orang munafik menakut-nakuti orang mukmin, bahwa musuh sedang mengumpulkan banyak pasukan untuk memerangi umat Islam. 

Tapi orang mukmin menanggapinya dengan kalimat 'hasbunallah wa nimal wakil yang meneguhkan keberanian dan justru membuat orang kafir takut dan membatalkan perang. Hal ini dijelaskan dalam Surat Ali Imran ayat 173:

ٱلَّذِينَ قَالَ لَهُمُ ٱلنَّاسُ إِنَّ ٱلنَّاسَ قَدْ جَمَعُوا۟ لَكُمْ فَٱخْشَوْهُمْ فَزَادَهُمْ إِيمَٰنًا وَقَالُوا۟ حَسْبُنَا ٱللَّهُ وَنِعْمَ ٱلْوَكِيلُ 

“(Yaitu) orang-orang (yang mentaati Allah dan Rasul) yang kepada mereka ada orang-orang yang mengatakan:"Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung."  

Doa ini juga tercatat sebagai kalimat yang diucapkan Nabi Ibrahim AS saat akan dilempar ke api. Dengan kebesaran Allah SWT, setelah mengucap doa ini, api yang dibuat orang-orang zalim tidak melukai sedikitpun tubuh Nabi Ibrahim. Rasulullah SAW bersabda:

ﻋﻦ اﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ، ﺣﺴﺒﻨﺎ اﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ اﻟﻮﻛﻴﻞ، «ﻗﺎﻟﻬﺎ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ ﻋﻠﻴﻪ اﻟﺴﻼﻡ ﺣﻴﻦ ﺃﻟﻘﻲ ﻓﻲ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﻗﺎﻟﻬﺎ ﻣﺤﻤﺪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ» ﺣﻴﻦ ﻗﺎﻟﻮا: {ﺇﻥ اﻟﻨﺎﺱ ﻗﺪ ﺟﻤﻌﻮا ﻟﻜﻢ ﻓﺎﺧﺸﻮﻫﻢ ﻓﺰاﺩﻫﻢ ﺇﻳﻤﺎﻧﺎ، ﻭﻗﺎﻟﻮا: ﺣﺴﺒﻨﺎ اﻟﻠﻪ ﻭﻧﻌﻢ اﻟﻮﻛﻴﻞ} [ ﺁﻝ ﻋﻤﺮاﻥ: 173]  

Artinya: Ibnu Abbas berkata bahwa doa tersebut dibaca oleh Ibrahim alaihis salam saat dilempar ke dalam api. Dan dibaca Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa sallam ketika mereka berkata, "Sesungguhnya manusia telah mengumpulkan pasukan untuk menyerang kamu, karena itu takutlah kepada mereka", maka perkataan itu menambah keimanan mereka dan mereka menjawab: "Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung".(QS Ali Imran ayat 173). " (HR. Bukhari). 

Manfaat dzikir hasbunallah wa nimal wakil

• Mengusir kejahatan dan bahaya. 

Seperti dijelaskan di atas, dzikir ini adalah kalimat yang dibaca Umat Islam saat hendak diserang oleh musuh. Tapi dengan keberanian yang didapat karena meyakini bahwa hanya Allah SWT yang bisa menolong makhluk-Nya  

• Memperoleh keridhaan Allah

Allah SWT yang Maha Penyayang mencintai hamba-Nya yang mempercayakan segala urusannya hanya kepada-Nya 

• Membuat takut orang zalim

Ketika seorang Muslim mengulangi ucapan ini di depan orang-orang yang zalim, akan terlihat bahwa mereka gemetar karena efek mengulangi penyebutan ini di pendengaran mereka, dan karena kuatnya iman orang yang membacanya  

• Menghilangkan kekhawatiran

Dengan meyakini bahwa Allah SWT satu-satunya pelindung dan tempat bersandar yang tidak akaan mengecewakan, kekhawatiran, ketakutan akan hilang  

• Perlindungan Allah SWT

Dzikir ini disebut akan melindungi seseorang dari hal yang ditakutkannya. 

• Pertolongan, kemudahan urusan dan rezeki yang berlimpah

Saat kondisi sulit, baik kondisi keuangan atau bahkan kondisi lain yang lebih kritis, dzikir ini sangat baik dipanjatkan agar Allah SWT segera memberikan solusi terbaik.    

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement