Jumat 11 Feb 2022 15:26 WIB

Bagaimana Menjaga Pendengaran dari Fitnah Orang Munafik? 

Rasulullah SAW ajarkan menjaga pendengaran dari maksiat termasuk hoaks

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi menjaga pendengaran dari fitnah. Rasulullah SAW ajarkan menj.aga pendengaran dari maksiat termasuk hoaks
Foto:

Maka dari itu agar indra pendengaran menjadi maslahat agar menggunakan untuk mendengarkan kebaikan dan menjauhi setiap perkataan atau informasi yang buruk atau menyesatkan.   

"Karena itu orang munafik itu sifatnya adalah mereka senang membuat berita hoaks, bohong. Mereka sebarkan kepada masyarakat sehingga menimbulkan keresahan. Lalu bagaimana mengefektifkan pendengaran ini? Mendengarlah kata-kata yang baik, mengikuti yang terbaik, artinya yang benar. Bukan yang hoaks," kata kiai Zaini dalam kajian Zuhur di Masjid Istiqlal Jakarta beberapa hari lalu. 

Lebih lanjut Kiai Zaini mengatakan orang-orang munafik senang bersumpah dengan menyebut nama Allah SWT agar ucapannya dipercaya padahal terdapat kebohongan di dalamnya. Mereka berupaya meryakinkan orang-orang yang beriman akan suatu informasi yang sejatinya kabar hoaks, bahkan sampai bersumpah atas nama Allah SWT. 

يَحْلِفُونَ بِاللَّهِ لَكُمْ لِيُرْضُوكُمْ وَاللَّهُ وَرَسُولُهُ أَحَقُّ أَنْ يُرْضُوهُ إِنْ كَانُوا مُؤْمِنِينَ

“Mereka bersumpah kepada kamu dengan (nama) Allah untuk mencari keridhaanmu, padahal Allah dan Rasul-Nya itulah yang lebih patut mereka cari keridhaannya jika mereka adalah orang-orang yang mukmin. (QS At Taubah 62). 

Baca juga: Pengadilan India: Tidak Ada Busana Agama Sampai Jilbab Diputuskan

Sejatinya orang-orang munafik yang senantiasa menyebarkan kabar bohong itu telah menentang Allah SWT dan Rasul-Nya.

Kelak orang-orang munafik yang senang menghembuskan kebohongan akan dimasukan dalan neraka. Sebagaimana firman Allah SWT: 

أَلَمْ يَعْلَمُوا أَنَّهُ مَنْ يُحَادِدِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَأَنَّ لَهُ نَارَ جَهَنَّمَ خَالِدًا فِيهَا ۚ ذَٰلِكَ الْخِزْيُ الْعَظِيمُ

“Tidaklah mereka (orang-orang munafik itu) mengetahui bahwasanya barangsiapa menentang Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya neraka jahannamlah baginya, kekal mereka di dalamnya. Itu adalah kehinaan yang besar.” (QS At Taubah 63). 

 

"Jadi kalau kita perhatikan orang-orang munafik yang berdusta yang membuat, menyebarkan hoaks itu sangat berat azabnya. Makanya cek dulu jangan sembarangan fitnah dan sebagainya," Kiai Zaini.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement