Rabu 09 Feb 2022 03:20 WIB

Tiga Kisah Nabi yang Dapat Meningkatkan Semangat Hidup

Kisah para nabi dpaat dijadikan teladan bagi Muslim.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Kisah Nabi yang Dapat Meningkatkan Semangat Hidup
Foto:

Kisah Nabi Yunus 

Nabi Yunus lebih dikenal sebagai pendamping ikan. Ia kehilangan motivasinya saat menyerukan umatnya untuk Tauhid.

Dia merasa frustrasi dan marah kemudian memutuskan berhenti pada tujuan besarnya itu. Dia menyerah pada titik kelemahan dan menyadari hal ini, kemudian dia melarikan diri.

Nabi Yunus jatuh ke dalam kesedihan, merasa sedih tentang tindakannya. Apa yang dia lakukan? Dia cukup kuat untuk mengakui kesalahannya dan bergegas melakukan introspeksi diri. 

Dalam surat Al Anbiya ayat 87-88 disebutkan,

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَىٰ فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَٰهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ.فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ ۚ وَكَذَٰلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ

(Ingatlah pula) Zun Nun (Yunus) ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya. Maka, dia berdoa dalam kegelapan yang berlapis-lapis, “Tidak ada Tuhan selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim.”

Kami lalu mengabulkan (doa)-nya dan Kami menyelamatkannya dari kedukaan. Demikianlah Kami menyelamatkan orang-orang mukmin.

Setiap manusia akan membuat kesalahan dan gagal berulang kali. Tapi jangan lupa tujuan dan kenikmatan dari Allah yang kita akan raih dengan kerja keras.

Tetap di atas segalanya dengan keyakinan kepada Allah terlebih dahulu untuk menyelamatkan kita dari lautan putus asa. Kemudian terus memuliakan Dia dan mencari bantuan-Nya di setiap langkah. Dia menyelamatkan Nabi Yunus dari perut ikan, Dia juga dapat menyelamatkan kita dari situasi apa pun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement