Ahad 06 Feb 2022 15:57 WIB

Bacaan Niat Sholat Maghrib untuk Imam dan Makmum (Arab, Latin, dan Terjemahannya)

Membaca niat sholat termasuk Maghrib bisa membantu kekhusyukan.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
 Bacaan Niat Sholat Maghrib untuk Imam dan Makmum (Arab, Latin, dan Terjemahannya). Foto:  Sejumlah warga menunaikan shalat Maghrib di salah satu masjid di Cibubur, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Karena penyebaran COVID-19 dalam posisi mengkhawatirkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total mulai 14 September 2020, diantaranya dengan memberlakukan larangan kegiatan di tempat umum, larangan makan di restoran, kegiatan sekolah dan bekerja dilakukan di rumah, penutupan tempat wisata, pembatasan akses keluar masuk DKI Jakarta, serta pelarangan kegiatan dengan jumlah jemaah besar di tempat ibadah.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Bacaan Niat Sholat Maghrib untuk Imam dan Makmum (Arab, Latin, dan Terjemahannya). Foto: Sejumlah warga menunaikan shalat Maghrib di salah satu masjid di Cibubur, Jakarta, Kamis (10/9/2020). Karena penyebaran COVID-19 dalam posisi mengkhawatirkan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) total mulai 14 September 2020, diantaranya dengan memberlakukan larangan kegiatan di tempat umum, larangan makan di restoran, kegiatan sekolah dan bekerja dilakukan di rumah, penutupan tempat wisata, pembatasan akses keluar masuk DKI Jakarta, serta pelarangan kegiatan dengan jumlah jemaah besar di tempat ibadah.

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH  -- Ulama sepakat, niat dalam sholat hukumnya wajib. Ini antara lain berdasarkan firman Allah SWT dalam surat  al-Bayyinah ayat lima ("Mereka tidak diperintah kecuali beribadah kepada Allah dalam keadaan ikhlas/memurnikan ketaatan kepada-Nya"). Selain itu, hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan, syarat atau kesempurnaan amal adalah adanya niat.

Di kalangan pengikut  mazhab Syafi’i , melafalkan niat shalat hukumnya sunnah. Karena sangat membantu terhadap kekhusyukan seseorang dalam sholat.

Baca Juga

Niat di masing-masing waktu sholat wajib pun berbeda. Salah satunya, bacaannya niat sholat maghrib untuk imam dan makmum sebagaimana yang dihimpun Muhammad Masrur dalam buku Memahami Arti Bacaan Sholat yang dikutip berikut ini:

Sholat Maghrib

 

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً إِمَامًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushalliy fardhal-maghribi tsalatsa raka’atin mustaqbilal-qiblati adaa-an imaman lillahi ta’ala.”

Yang artinya, “Aku berniat sholat fardhu Maghrib tiga rakaat menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta’ala.” 

-Makmum

أُصَلِّي فَرْضَ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى

“Ushalliy fardhal-maghribi tsalatsa raka’atin mustaqbilal-qiblati adaa-an ma’muman lillahi ta’ala.”

Yang artinya, “Aku berniat sholat fardhu Maghrib tiga rakaat menghadap kiblat sebagai makmum karena Allah Ta’ala.” 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement