Jumat 04 Feb 2022 19:30 WIB

Fase Perkembangan Pendidikan pada Masa Rasulullah

Pendidikan ala Nabi SAW menghasilkan kaum Muslimin yang berakidah kuat serta tangguh

Rasulullah
Foto:

Hingga era Khalifah Umar bin Khattab, keadaan cenderung membaik. Wilayah daulah Islam terus meluas hingga menguasai beberapa wilayah bekas Bizantium dan bahkan seluruh Persia. Sahabat bergelar al-Faruq itu juga membangun kota-kota baru di Irak. Banyak di antaranya yang menjadi kota-kota pendidikan, semisal Basrah atau Kufah. Seperti halnya Makkah atau Madinah, dari sana pula bermunculan para alim ulama kenamaan.

Memasuki era Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib, umat mulai dilanda prahara. Berawal dari gugurnya sang khalifah ketiga, kaum Muslimin diuji oleh perpecahan politik. Kubu Ali berhadap-hadapan dengan ummul mu`minin 'Aisyah di Perang Jamal walaupun pada akhirnya kedua belah pihak menghindari konflik lebih lanjut. Yang lebih berkepanjangan ialah konfrontasi antara para pendukung Ali dan Mu'awiyah bin Abi Sufyan.

Praktis, pemerintahan Ali tidak sempat untuk memikirkan secara serius perkembangan pendidikan Islam yang diselenggarakan negara. Kondisi politik yang jauh dari stabilitas menjadi penyebabnya. Bagaimanapun, kaum terpelajar Muslim secara swadaya terus menghidupkan semangat menuntut ilmu-ilmu agama. Hasilnya, generasi yang datang sesudah sahabat Nabi SAW pun tetap memunculkan ulamaulama besar. Salah satunya yang berasal dari kelompok tabiin ialah Said bin al-Musayyib.

 

 

sumber : Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement