Selasa 01 Feb 2022 05:55 WIB

Keistimewaan Bulan Rajab

Bulan Rajab dianggap sebagai pintu gerbang menuju Ramadhan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Keistimewaan Bulan Rajab
Foto:

"Para ulama berpendapat Nabi membuat kesamaan antara Rajab dan Ramadhan dalam hal kesempatan untuk melakukan perbuatan baik. Karena Ramadhan adalah bulan puasa, dianjurkan untuk menjalankan puasa di bulan Rajab. Namun, puasa di bulan Rajab tidak memerlukan pahala khusus. Ini seperti puasa di setiap bulan sepanjang tahun," kata dia.

Muslim suka berpuasa di bulan Rajab karena ini adalah pintu gerbang mereka menuju Ramadhan. Mereka yang melewatkan beberapa hari puasa lebih memilih mengqadha di bulan Rajab. Wanita yang tidak bisa berpuasa di bulan Ramadhan karena menstruasi mereka lebih memilih mengganti hari-hari yang terlewat di bulan Rajab dan Syaban.

Diriwayatkan dari Jubair bin Nufair bahwa Aisyah berkata: "Rasulullah SAW sangat rajin berpuasa pada hari Senin dan Kamis.”

"Berdasarkan riwayat-riwayat tersebut, tidak heran mengapa sebagian umat Islam suka berpuasa di bulan Rajab. Karena Ramadhan adalah bulan zakat fitrah, umat Islam suka bersedekah di bulan Rajab dan Syaban. Tiga bulan ini adalah musim emas untuk bersedekah," kata dia.

Terlepas dari amalan ibadah di bulan Rajab yang masih diperdebatkan, Anda harus memiliki niat yang tulus untuk mempersiapkan diri menyambut datangnya Ramadhan.  Anda harus mencari pengampunan dari Allah. Anda harus berusaha keras melepaskan kebiasaan buruk dan perilaku yang tidak pantas.

Anda harus menahan keinginan Anda dan mengendalikan diri Anda sendiri. Anda harus mengulurkan tangan Anda kepada orang miskin dan yang membutuhkan. Anda harus lebih dekat dengan Allah dengan menawarkan doa opsional tambahan dan membuat banyak doa permohonan kepada Allah.

"Kesimpulannya, yang istimewa dari bulan Rajab adalah Allah menjadikannya sebagai salah satu bulan yang disucikan," kata dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement