Senin 31 Jan 2022 17:11 WIB

Tafsir Surat Hud Ayat 9-11: Penjelasan Alquran Jika Manusia tidak Sabar dan Bersyukur

Alquran menerangkan bahayanya orang-orang yang tidak punya sifat sabar dan bersyukur.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi bersyukur. Tafsir Surat Hud Ayat 9-11: Penjelasan Alquran Jika Manusia tidak Sabar dan Bersyukur
Foto:

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, jika Allah menghindarkan manusia dari kemudaratan yang telah menimpa dirinya, dan menggantinya dengan beberapa kenikmatan seperti sembuh dari sakit, bertambah tenaga dan kekuatan, terlepas dari kesulitan, selamat dari ketakutan, maka ia berkata, "Telah hilang dariku musibah dan penderitaan yang tidak akan kembali lagi."

Musibah dan penderitaan itu tidak lain hanya seperti awan di musim kemarau yang akan segera hilang. Mereka mengucapkan kata-kata yang demikian itu dengan penuh kesombongan dan kebanggaan.

Mereka merasa lebih berbahagia dari semua orang yang berada di sekitarnya. Pada dasarnya mereka tidak menerima nikmat-nikmat Allah dengan bersyukur bahkan sebaliknya mereka bersikap sombong dan takabur.

اِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۗ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ كَبِيْرٌ

kecuali orang-orang yang sabar, dan mengerjakan kebajikan, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar. (QS Hud: 11)

Menurut Tafsir Kementerian Agama, ayat ini menerangkan, Allah mengecualikan dari orang-orang yang bersifat seperti dalam Surah Hud Ayat 9 dan 10, yakni orang yang sabar yang selalu berbuat kebajikan.

Mereka itu berlaku sabar ketika ditimpa musibah, beriman kepada Allah, mengharapkan pahala-Nya, dan berbuat amal soleh ketika musibahnya itu telah diganti dengan kenikmatan, serta mensyukuri nikmat itu dengan mengamalkan berbagai amal kebajikan untuk mencapai keridhaan Allah.

Mereka akan mendapat ampunan dari Allah dan pahala yang besar di akhirat nanti, sebagaimana dalam firman-Nya: "Demi masa. Sungguh, manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasihati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran." (QS Al-Ashr: 1- 3)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement