Senin 24 Jan 2022 00:27 WIB

Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?

Bagi seorang Muslim, kepercayaan pada malaikat adalah hal penting dalam akidah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?
Foto:

Dilansir di About Islam, jin berbeda dari malaikat. Mereka seperti manusia yang dikaruniai kehendak bebas karena mereka dapat memilih untuk menjadi baik atau buruk. Dan Allah berfirman, "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku". (QS Az Zariyat ayat 56).

Jin yang baik percaya kepada Allah dan mengikuti perintah-perintah-Nya. Sedangkan, jin yang jahat itu kafir dan mendurhakai perintah-perintah-Nya. Jin jahat disebut shayateen, bentuk jamak dari shaytan (setan).

Jin jahat menggoda manusia untuk menjalani kehidupan yang buruk dengan tidak menaati Tuhan. Mereka membuat hal-hal jahat menjadi menarik dan mengundang, bahkan menyajikan hal-hal baik sebagai hal yang melelahkan dan tidak menarik. Dengan demikian, mereka memimpin orang di jalan yang salah, atau jalan menuju api neraka.

Dalam Alquran disebutkan Allah SWT memberkati Nabi Sulaiman dengan kemampuan untuk mengendalikan jin dan membuat mereka bekerja untuknya. Dari situ tergambarkan beberapa hal, misalnya, bagaimana dia menginginkan jin membawa takhta Ratu Bilqis yang berat dan indah ke hadapannya.

Hal tersebut dilakukan untuknya oleh jin, bahkan sebelum dia bangun dari tempat dia duduk. Semua ini bisa terjadi atas izin Allah SWT. Tetapi, peristiwa-peristiwa ajaib seperti itu adalah milik kehidupan dan zaman seorang Nabi.

Setelah zaman Rasulullah SAW, manusia tidak lagi melihat hal semacam itu. Maka, sebagai manusia biasa kita juga tidak pernah bisa mengharapkan keajaiban seperti itu.

 

Seperti yang telah dikatakan di atas tentang malaikat, tidak diperbolehkan bagi manusia biasa meminta bantuan malaikat atau jin dalam hal apa pun. Tidak ada riwayat tentang Nabi, para sahabatnya, atau orang-orang yang mengikuti mereka dimana setiap saat meminta bantuan jin dalam melakukan hal apapun. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement