Senin 24 Jan 2022 00:27 WIB

Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?

Bagi seorang Muslim, kepercayaan pada malaikat adalah hal penting dalam akidah.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah
Benarkah Jin dan Malaikat Bisa Membantu Manusia?
Foto:

Hal di atas menandakan, Allah SWT telah mengangkat malaikat kepada setiap manusia, yang mencatat perbuatan mereka selama hidup di dunia. Malaikat-malaikat ini melakukan tugas yang diberikan oleh Tuhan, tidak terlihat dan tidak kita ketahui.

Tidak mungkin juga manusia bisa berbicara dengan mereka atau mencari bantuan mereka jika membutuhkan. Juga, tidak ada catatan yang dapat dipercaya tentang hal-hal seperti itu pernah terjadi.

Meski demikian, para malaikat telah berkomunikasi dengan para nabi yang menerima wahyu Ilahi. Kadang-kadang, mereka muncul dalam bentuk manusia. Namun, ini adalah hak istimewa kenabian yang tidak dapat dicita-citakan sebagai manusia biasa.

Penting juga untuk dicatat, manusia tidak memiliki hak memanggil makhluk gaib apakah malaikat, jin, maupun jiwa yang telah mati untuk memberikan bantuan. Hanya Allah SWT yang bisa menolong manusia.

Allah berfirman dalam Alquran, "Dia memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikian itulah Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari. Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di hari kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui". (QS Fathir ayat 13-14)

Di sisi lain dari malaikat, jin adalah makhluk Allah yang tersembunyi dari manusia. Allah berfirman dalam Alquran, "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering (yang berasal) dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan Kami menciptakan jin sebelum (Adam) dari api yang sangat panas". (QS Al-Hijr ayat 26-27)

Baca juga : Hukum Berzakat Bagi Debitur

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement