Senin 17 Jan 2022 10:55 WIB

Sejarah Datangnya Islam di Belanda dan Migran Maroko

Beberapa dekade silam imigran Maroko datang ke Belanda sebagai pekerja kasar,

Masjid Essalam di Rotterdam, Belanda. Sejarah Datangnya Islam di Belanda dan Migran Maroko
Foto:

Pemerintah Maroko turut berpartisipasi dalam mempromosikan Islam yang khas Maroko di Belanda. Salah satunya adalah dengan mengirimkan imam-imam yang berpandangan moderat ke Belanda dan beberapa negara lainnya di Benua Eropa dan Amerika. Tujuan yang hendak dicapai dengan usaha ini adalah mencegah agar kaum Muslim Maroko di Dunia Barat terhindar dari paparan radikalisme dan esktremisme sekaligus tetap mempertahankan akar budaya Maroko mereka.

Para imam ini umumnya menganut mazhab Maliki, sama seperti yang dianut oleh Kerajaan Maroko. Akan tetapi, ada pula warga Maroko di Belanda yang tidak terlalu berorientasi ke kampung halaman. Mereka membayangkan Islam yang lebih universal dan melampaui batas-batas kebangsaan atau negara.

Kaum Muslim Maroko di Belanda aktif di berbagai lapangan sosial-keagamaan. Mereka mendirikan sekolah untuk anak-anak, salah satunya adalah sekolah Tariq Ibn Ziyad di Eindhoven, salah satu kota terbesar di Belanda. Mereka juga membangun sejumlah masjid di Belanda dan melengkapinya dengan berbagai fasilitas untuk jamaah. Per tahun 1992, sudah ada sekitar seratus masjid Maroko di berbagai wilayah Belanda.

Ada juga warga Muslim Maroko yang punya inisiatif pribadi untuk berpartisipasi dalam kegiatan sosial di Belanda, yang secara tidak langsung berarti memperkenalkan nilai dan tradisi Islam di Negeri Kincir Angin itu. Ketika bulan Ramadhan tiba mereka secara bersama-sama akan menyiapkan berbagai makanan tradisional Maroko untuk menu berbuka puasa.

Terdapat pula keluarga Muslim Maroko yang menyediakan makanan untuk para gelandangan yang ada di sebuah tempat yang menyediakan bantuan untuk kalangan tak punya, Pauluskerk, di Rotterdam. Mereka juga tidak lupa dengan kampung halamannya di Maroko dengan memberinya berbagai bantuan ketika mereka pulang ke desa asal mereka.

Akan tetapi, dewasa ini, di tengah kegiatan keislaman yang masih terus aktif di masjid-masjid yang dikelola warga Maroko di Belanda, mereka juga khawatir dengan meningkatnya Islamofobia di Amerika dan Eropa, termasuk di Belanda. Pemicunya beragam, mulai dari serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat, munculnya radikalisme serta, yang paling terasa di Belanda, efek dari pembunuhan terhadap sutradara Belanda Theo van Gogh yang dilakukan oleh seorang pemuda Maroko tahun 2004. Tantangan lain adalah stereotipe yang masih eksis di antara orang Belanda kepada orang Maroko, termasuk soal kriminalitas dan pembatasan aktivitas kaum wanita yang sering diasosiasikan dengan orang Maroko.

Sumber: Majalah SM Edisi 18 Tahun 2019

Link artikel asli

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement