Kamis 13 Jan 2022 13:29 WIB

Tafsir Surat Taha Ayat 114: Rasulullah Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan

Surat Taha ayat 114 pelajaran agar tidak tergesa-gesa dalam menuntut ilmu.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Anak-anak belajar bersama. Tafsir Surat Taha Ayat 114: Rasulullah Memohon Tambahan Ilmu Pengetahuan
Foto:

Ustadz Syahrullah menjelaskan pada surat Al Qiyamah Allah SWT menyampaikan pada Nabi Muhammad bahwa Allah menjamin Nabi Muhammad tidak akan lupa ayat-ayat yang diajarkan Allah melalui malaikat Jibril. 

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ # إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ # فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ # ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ#

Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Alquran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya. (16). Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. (17). Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu. (18). Kemudian, sesungguhnya atas tanggungan Kamilah penjelasannya. (19). (Alquran surat Al Qiyamah ayat 16-19).

Ustadz Syahrullah menjelaskan dari awal surat Taha ayat 114 itu menjadi pelajaran bagi umat Nabi Muhammad agar tidak tergesa-gesa dalam belajar atau menuntut ilmu. Pada lanjutan ayat itu, Allah mengajarkan Rasulullah agar berdoa meminta tambahan ilmu. 

وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Dan katakanlah (Muhammad): "Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan".

Dari doa tersebut, Ustadz Syahrullah mengatakan Allah ingin mengajarkan tentang sesuatu yang belum diketahui Rasulullah. Selain itu, menjadi pelajaran bagi umat nabi untuk berdoa kepada Allah agar diberikan tambahan ilmu pengetahuan. Sebab dengan berdoa menjadi tanda seorang hamba tawadhu di hadapan Allah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement