Rabu 12 Jan 2022 18:59 WIB

Puasa Sunnah Senin dan Kamis Beserta Tiga Keutamaannya

Ada tiga keutamaan dari puasa sunnah Senin dan Kamis.

Rep: Hasanul Rizqa/Nashih Nashrullah/ Red: Muhammad Hafil
Puasa Sunnah Senin dan Kamis Beserta Tiga Keutamaannya. Foto: Ilustrasi Berpuasa
Foto: Pixabay
Puasa Sunnah Senin dan Kamis Beserta Tiga Keutamaannya. Foto: Ilustrasi Berpuasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu sunnah yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW yaitu puasa Senin dan Kamis. Ada sejumlah keutamaan dari puasa yang dilakukan pada dua hari itu.

Di bawah ini sejumlah keutamaan puasa Senin dan Kamis yang menjadi salah satu kebiasan Nabi Muhammad SAW. Berikut penjelasannya:

Baca Juga

Kebiasaan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad SAW terbiasa mengamalkan puasa sunnah Senin dan Kamis. Inilah salah satu amalan nonwajib yang tidak pernah beliau tinggalkan. Ummul Mu`minin `Aisyah RA memberikan kesaksian, Nabi SAW menjaga puasa Senin dan Kamis.

 

Naiknya Amalan

Dua hari itu disebut pula sebagai momen naiknya catatan amal tiap hamba Allah SWT. Karena itu, alangkah bagusnya bila ketika penyetoran amalan berlangsung, diri ini sedang berpuasa sunah. HR Usamah bin Zaid. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya amalan para hamba disampaikan pada Senin dan Kamis.”

Manfaat sehat 

Kebanyakan ibadah juga berdampak pada kesehatan rohani dan jasmani. Jamal Muhammad Az-Zaki dalam buku Sehat dengan Ibadah menjelaskan, puasa-wajib maupun sunnah seseorang menahan diri dari amarah.Karena itu, kondisi psikis pun menjadi lebih tenang. Puasa juga memperkuat sistem kekebalan tubuh dan berpotensi mencegah obesitas.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement