Jumat 07 Jan 2022 17:55 WIB

Foto tanpa Jilbab Masih Beredar di Medsos, Bagaimana Muslimah Bersikap?

Menutup aurat bagi seorang Muslim dan Muslimah adalah suatu kewajiban.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Foto tanpa Jilbab Masih Beredar di Medsos, Bagaimana Muslimah Bersikap?. Ilustrasi Muslimah
Foto: Mgrol120
Foto tanpa Jilbab Masih Beredar di Medsos, Bagaimana Muslimah Bersikap?. Ilustrasi Muslimah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menutup aurat bagi seorang Muslim dan Muslimah adalah suatu kewajiban saat sudah memasuki masa baligh. Khusus bagi Muslimah, auratnya adalah seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

Dilansir dari Elbalad, terkait aurat wanita ini, dalam sebuah diskusi daring, anggota fatwa Al-Azhar International Center for Electronic Fatwa Syekh Ahmad Nasruddin ditanya terkait permasalahan aurat bagi Muslimah. Seorang wanita yang baru saja bertaubat dan memutuskan berjilbab mengaku masih memiliki foto-foto tanpa jilbab di media sosial.

Baca Juga

Foto-foto itu beredar di akun milik temannya saat masih belum menutup aurat secara lengkap. Wanita tersebut mengaku bingung terkait ini, terutama karena banyaknya foto yang tersebar. Ia meminta nasihat dan solusi yang tepat atas masalah ini. 

Syekh Ahmad Nasruddin menjelaskan bahwa aurat bagi wanita Muslim adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Maka sudah seharusnya Muslimah menutup aurat tersebut. 

 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW diriwayatkan bersabda:

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، أَنَّ أَسْمَاءَ بِنْتَ أَبِي بَكْرٍ، دَخَلَتْ عَلَى رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَيْهَا ثِيَابٌ رِقَاقٌ، فَأَعْرَضَ عَنْهَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَقَالَ: يَا أَسْمَاءُ، إِنَّ الْمَرْأَةَ إِذَا بَلَغَتِ الْمَحِيضَ لَمْ تَصْلُحْ أَنْ يُرَى مِنْهَا إِلَّا هَذَا وَهَذَا وَأَشَارَ إِلَى وَجْهِهِ وَكَفَّيْه [رواه أبو داوود].

Artinya: "Dari ‘Aisyah RA (diriwayatkan) bahwa Asma’ binti Abu Bakar masuk ke tempat Rasulullah SAW dengan memakai baju yang tipis, kemudian Rasulullah SAW berpaling daripadanya dan bersabda, "Hai Asma’, sesungguhnya apabila wanita itu sudah sampai masa haid, tidaklah boleh dilihat sebagian tubuhnya kecuali ini dan ini. Beliau menunjuk kepada muka dan kedua tapak tangannya (HR Abu Dawud). 

Adapun terkait foto-foto tanpa jilbab Muslimah tersebut yang masih beredar di medsos, Syekh Ahmad mengatakan tidak harus meminta teman-temannya untuk menghapusnya. Hal ini karena Muslimah tersebut telah bertaubat kepada Allah SWT terkait kesalahannya karena tidak menutup aurat. 

Namun, seharusnya teman-teman Muslimah tersebut yang menghapus foto-foto setelah melihat perubahan dalam diri temannya. Temannya juga sudah seharusnya mendoakan agar istiqamah dan agar terus diberi hidayah.

photo
Infografis 3 Kebiasaan yang Harus Diubah Mualaf. Ilustrasi muslimah - (Republika.co.id)

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement