Kamis 06 Jan 2022 05:05 WIB

Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati

Bagi seorang Muslim, bersujud memiliki arti atau makna yang sangat dalam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati
Foto:

Sujudnya matahari

Dalam ayat Alquran diketahui bahwa apa yang ada di langit dan di bumi bersujud kepada Allah SWT.  Matahari, bulan, bintang, pohon, dan hewan semua bersujud kepada-Nya.

Ibn Taymiyyah mengatakan sujud makhluk-makhluk ini tidak berarti bahwa mereka meletakkan dahi mereka di tanah. Jadi kita sebagai manusia bersujud dengan cara yang sesuai dengan kita, dengan cara yang terkenal, pada tujuh bagian tubuh.

Matahari bersujud dengan cara yang sesuai dengannya. Abu Dzar meriwayatkan:

“Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) mengatakan ketika matahari terbenam: "Apakah Anda tahu ke mana perginya?," Saya menjawab: “Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui.” Dia berkata: Ia telah sujud di bawah Arsy, kemudian ia meminta izin untuk berdiri, tetapi segera ia akan sujud dan sujudnya tidak akan diterima, dan ia akan meminta izin untuk berdiri dan itu tidak akan diberikan kepadanya, dan itu akan dikatakan kepadanya, "Kembalilah dari tempat kamu datang," dan dia akan terbit dari barat.  Inilah maksud firman Allah: {Dan matahari berjalan di jalurnya tetap untuk jangka waktu (ditunjuk). Itulah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui.} (HR. Al-Bukhari.).

Kuantitas versus kualitas

Jadi sekarang kita tahu bahwa kita harus mengambil setiap kesempatan yang kita miliki untuk bersujud. Tapi bagaimana dengan kualitas sujud kita?  Apa yang kita rasakan ketika kita melakukan sujud?

Beberapa tips bisa menjadi cara terbaik untuk menyempurnakan gerakan sujud, di antaranya.

  • Jangan angkat kepala dari lantai sampai mendapatkan setidaknya satu Subhana Rabbiyal A'la yang berasal dari hati, pikiran, lidah, dan anggota badan.
  • Perkecil bayangkan diri seperti ada kamera di atas Anda yang naik dan naik dan naik dan bantu diri Anda dengan perasaan dan menjadi kecil di hadapan Allah SWT.
  • Mintalah setidaknya tiga hal yang Anda inginkan dalam setiap sujud.
  • Jika terasa setan datang kepada Anda dan memberi tahu bahwa Anda sedang pamer jika membuat sujud yang panjang, buatlah lebih lama lagi!
  • Bayangkan diri Anda melakukan sujud di Makkah atau bayangkan setiap orang beriman melakukan sujud di Hari Akhir.
  • Sadarilah bahwa Allah Yang Maha Kuasa memiliki kuasa dan hak penuh untuk menghancurkan Anda saat itu juga selama jutaan kali Anda terpeleset, membuat kesalahan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement