Kamis 06 Jan 2022 05:05 WIB

Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati

Bagi seorang Muslim, bersujud memiliki arti atau makna yang sangat dalam.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Gerakan Sujud, Tingkat Tertinggi Kerendahan Hati
Foto:

Sujud baik untuk kesehatan otak

Menjadi dekat dengan Tuhan adalah salah satu keutamaan penting dalam sujud. Tapi tahukah Anda bahwa melakukan sujud juga memiliki dampak yang luar biasa pada tubuh?

Sujud adalah posisi yang unik karena otak (atau kepala) Anda menjadi lebih rendah dari jantung, sehingga darah mengalir ke otak. Otak menerima lebih banyak nutrisi, yang memiliki efek baik pada memori, penglihatan, pendengaran, konsentrasi, jiwa, dan semua kemampuan kognitif lainnya.

Otot leher orang yang bersujud juga menjadi lebih kuat karena harus menanggung beban ketika dahi menyentuh tanah. Oleh karena itu, otot leher menjadi lebih kuat dan kecil kemungkinan mengalami sakit leher biasa. 

Hal yang sama berlaku untuk punggung. Saat bersujud dan bangkit darinya, otot-otot punggung berkontraksi secara aktif dan menjadi lebih kuat.

Namun perlu diingat bahwa sujud tidak dimaksudkan untuk olahraga, tapi ada banyak keuntungan medis yang terkait dengannya. Tentunya manfaat terbaik adalah ketenangan pikiran yang didapatkan, mengetahui bahwa seseorang lebih dekat dengan Tuhan. 

photo
Infografis Mengapa Harus Sujud Sahwi - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement