Kiai Arifin menjelaskan ketika Nabi Muhammad ﷺ telah wafat, terdapat orang-orang yang tadinya mau mengeluarkan berzakat dan mengerjakan sholat justru tidak lagi menunaikannya.
Selain itu dalam ayat tersebut juga disebutkan orang-orang yang menemui kesesatan setelah wafatnya para nabi dan rasul adalah yang mengikuti hawa nafsunya. Maka orang-orang yang melalaikan atau meninggal sholat dan mengikuti hawa nafsunya akan masuk pada keburukan yakni ke neraka
"Maka mereka yang seperti itu, yang lebih mengikuti hawa nafsu, sampai kemudian menunda sholatnya secara terus menerus tanpa alasan yang dibenarkan, mereka akan menemui kesulitan, kesusahan, keburukan nanti di akhirat kelak," kata Kiai Arifin dalam kajian virtual Masjid Bayt Alquran-Pusat Studi Alquran (PSQ) beberapa waktu lalu.
Sementara pada surat Maryam ayat 60 dijelaskan tentang orang-orang yang akan mendapatkan kebahagiaan setelah wafatnya para nabi dan rasul. Atau orang yang terhindar dari keburukan.
إِلَّا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا فَأُولَٰئِكَ يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ وَلَا يُظْلَمُونَ شَيْئًا
“Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun.”
Yakni orang-orang yang bertaubat. Yakni mengakui semua kesalahannya dan bertekad untuk berbuat baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. Selain itu beriman atau senantiasa meningkatkan keimanannya. Serta orang yang terus menambah perbuatan salehnya.
"Mereka yang bertaubat, beriman, beramal saleh, mereka itu akan masuk surga. Berbeda dengan yang tadi,akan merasakan buruknya neraka," jelas Kiai Arifin.
Lebih lanjut Kiai Arifin menjelaskan pada surat Maryam ayat 61, Allah SWT memperjelas surga yang akan ditempati orang-orang yang bertaubat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas keimanan dan terus memperbanyak amal saleh. Yaitu Surga Adn.
جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدَ الرَّحْمَٰنُ عِبَادَهُ بِالْغَيْبِ ۚ إِنَّهُ كَانَ وَعْدُهُ مَأْتِيًّا
“Yaitu surga 'Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pemurah kepada hamba-hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak nampak. Sesungguhnya janji Allah itu pasti akan ditepati.”
Kiai Arifin menjelaskan kata wa'ada rahman pada ayat tersebut menunjukan sifat Rahman Allah ﷻ.
Para ulama menjelaskan tentang mengapa Allah ﷻ menggunakan Ar Rahman dalam ayat itu. Para ulama tafsir berpendapat bahwa itu bermakna setiap hamba yang masuk ke dalam surga itu semata-mata karena kasih dan sayang Allah ﷻ dan bukan karena amal atau ibadahnya di dunia. Sehingga seorang hamba pun tidak menjadi sombong karena ibadahnya. Lalu untuk apa seseorang beramal?
Kiai Arifin mengatakan amal dan ibadah dan ketaatan hamba untuk melaksanakan perintah Allah ﷻdan menjauhi larangan-Nya adalah syarat bagi seorang hamba memperoleh rahmat Allah ﷻ.