Selasa 04 Jan 2022 21:55 WIB

Beda Sikap Islam Terhadap Perempuan Dibandingkan Peradaban Lainnya

Islam menempatkan perempuan dalam posisi yang mulia

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Islam menempatkan perempuan dalam posisi yang mulia. Ilustrasi perempuan Muslimah
Foto:

Mamah Dedeh mengatakan dalam Alquran banyak ayat yang memaparkan tentang tingginya derajat perempuan. Bahkan perempuan memiliki peran yang sama pentingnya dengan kaum laki-laki.

Mengutip surat An Nisa ayat 1, Mamah Dedeh mengatakan bahwa Allah ﷻ telah menyeru kepada manusia baik itu laki-laki dan perempuan untuk bertakwa. Ini menunjukan bahwa laki-laki dan perempuan sama dihadapan Allah ﷻ yakni sebagai hamba yang wajib bertakwa. 

Dari ayat itu pula dapat diambil pelajaran bahwa baik laki-laki dan perempuan sama dalam proses penciptaannya yakni dari mani (nutfah), kemudian menjadi segumpal darah (alaqah) dan segumpal daging (mudghah).

Maka menurut Mamah Dedeh tidak pantas manusia berlaku sombong kepada yang lainnya atau pun merendahkan derajat orang lain terlebih karena gender. Selain dari itu dapat dipetik hikmah bahwa antara laki-laki dan perempuan saling melengkapi dan membutuhkan.  

Lebih lanjut Mamah Dedeh menjelaskan Allah ﷻ juga memberikan kelapangan rezeki yang sama antara laki-laki dan perempuan. Dalam hal ibadah, perempuan pun mempunyai peluang yang sama untuk meraih banyak pahala.

"Beramal saleh, baik laki-laki atau perempuan semuanya diterima Allah selama dia beriman. Doa baik laki-laki atau perempuan sama-sama diterima Allah asal hadir hatinya," katanya.

Sementara itu ketua PP Salimah, Etty Pratiknyowati, mengaku bangga dengan peran kader-kader Salimah di tiap wilayah. Menurutnya para kader Salimah telah mampu membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan di Tanah Air melalui berbagai program yang digalakkan. Saat ini para kader Salimah telah tersebar di 392 kota di 34 Provinsi. 

 

Dalam kesempatan tersebut PP Salimah juga mendapatkan bantuan dana kebajikan umat dari Pegadaian Syariah sebesar Rp 65 Juta untuk program Sarana Belajar Baitul Quran Salimah (BQS) yang bertujuan agar kaum perempuan Muslim di Indonesia bisa membaca Alquran.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement