Rabu 29 Dec 2021 17:16 WIB

Bacaan Doa dari Alquran yang Boleh Dibaca Saat Sujud Sholat

Sujud merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Nashih Nashrullah
Sujud merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa. Bersujud (ilustrasi).
Foto:

Ibnu Al Mundzir mengatakan, "Seseorang dapat berdoa yang berkaitan dengan urusan kebutuhan yang sah dari perang ini dan kata berikutnya."  

Mengomentari pernyataan di atas, Ibn Qudamah berkata, "Itu adalah pendapat yang dikonfirmasi oleh makna nyata dari hadits-hadits dari Nabi Muhammad ﷺ. Nabi bersabda, "Maka biarkan dia berdoa untuk apa pun yang ingin dia minta. Allah.” (HR Bukhari dan Muslim) 

 عَنْ بَعْضِ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِرَجُلٍ كَيْفَ تَقُولُ فِي الصَّلَاةِ قَالَ أَتَشَهَّدُ وَأَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ النَّارِ أَمَا إِنِّي لَا أُحْسِنُ دَنْدَنَتَكَ وَلَا دَنْدَنَةَ مُعَاذٍ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَوْلَهَا نُدَنْدِنُ 

Dari sebagian sahabat Nabi ﷺ berkata, “Nabi ﷺ pernah bertanya kepada seorang laki-laki: "Bagaimana kamu berdoa dalam shalat?" laki-laki tersebut menjawab, "Aku membaca tasyahud dan mengucapkan; "Allahuma inni as'alukal jannata wa a'uudzubika minannaar (Ya Allah, aku memohon kepada Engkau surga dan berlindung kepada Engkau dari api neraka).  

Maaf kami tidak dapat memahami dengan baik gumam Anda dan gumam Mu'adz (ketika berdo'a)." Maka Nabi ﷺ bersabda, "Seputar itulah kami bergumam (ketika berdoa)."  

Jelas dari riwayat di atas bahwa Nabi menyetujui laki-laki yang berdoa dalam sholat.  

"Berdasarkan hadits-hadits dan dalil-dalil ini, kami merasa masuk akal untuk memilih pandangan mayoritas, yang menyatakan bahwa kami boleh menggunakan doa-doa dari Alquran  dan sunnah. Jika kita mau, kita juga bisa memilih sholat kita, sambil menyesuaikan dengan anjuran Rasulullah," ujar dia.

Kita bebas berdoa untuk kebaikan di dunia dan akhirat tanpa batas, sumber kehidupan yang halal, atau pasangan nikah yang saleh, atau kebebasan dari kekhawatiran dan kecemasan.

Namun, sebaiknya kita menghindari meminta kenyamanan dan aset duniawi yang berlebihan. Tuntutan tersebut tidak sesuai dengan semangat dan jiwa ibadah. 

Kata-kata Imam Az Zarkasyi layak dikutip di sini, 'Larangan membaca Alquran  dalam sujud tidak dapat diterapkan pada seseorang yang menggunakan doa dari Alquran jika dilakukan tanpa niat membaca Alquran." 

Imam Al Qalyuubi dan Amirah dalam kitab Syarah mereka serta Imam As Sawi di Bughyat al-Salik juga mendukung pandangan ini.

 

 

Sumber: askthescholar

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement