Rabu 29 Dec 2021 09:31 WIB

Karakteristik Amalan Wali yang Diisyaratkan Nabi Muhammad

Nabi Muhammad menyebutkan karakteristik amalan wali.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Karakteristik Amalan Wali yang Diisyaratkan Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.
Foto: Anadolu Agency
Karakteristik Amalan Wali yang Diisyaratkan Nabi Muhammad. Foto: Ilustrasi: Masjid tempat ibadah umat Muslim.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Allah SWT memilih hamba-Nya sebagai orang yang amat dekat (wali) buka karena hamba itu rajin ibadah. Akan tetapi karena dua amalan yang membuat Allah SWT menghendaki hamba-Nya menjadi wali.

"Sebuah hadits menyebutkan bahwa di dunia ini ada sekelompok orang yang amat dekat dengan Allah. Bila mereka tiba di suatu tempat, karena kehadiran mereka, Allah selamatkan tempat itu dari tujuh puluh macam bencana," tulis Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny dalam bukunya '198 Kisah Haji Wali-Wali Allah'.

Baca Juga

Tentang amalan apa yang dikerjakan para wali itu, membuat penasaran para sahabat Rasulullah. Untuk itu para sahabat ra. bertanya:

"Ya Rasulullah, siapakah mereka itu dan bagaimana mereka mencapai derajat itu?"

 

 

Nabi yang mulia menjawab: "Mereka sampai ke tingkat yang tinggi itu bukan karena rajinnya mereka ibadah. Mereka memperoleh kedudukan itu karena dua hal: ketulusan hati mereka dan kedermawanan mereka pada sesama manusia."

"Itulah karakteristik para wali," ujar Abdurrahman Ahmad As-Sirbuny.

Mereka adalah orang yang berhati bersih dan senang berkhidmat pada sesamanya. Wali adalah makhluk yang hidup dalam paradigma cinta. Mereka ingin menyebarkan cinta itu pada seluruh makhluk di alam semesta.

"Dengan meyakini bahwa kehadiran para wali akan memberkahi kehidupan kita, baik kehadiran mereka secara jasmaniah maupun ke-hadiran secara rohaniah," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement