Selasa 28 Dec 2021 05:05 WIB

Alquran Jelaskan Cara Nabi Musa Dapat Wahyu

Ada tiga macam cara Allah menyampaikan wahyu kepada para Rasul-Nya.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Alquran Jelaskan Cara Nabi Musa Dapat Wahyu
Foto:

Dapatkah Manusia Melihat Allah? 

Mengenai persoalan dapatkah manusia melihat Allah dengan nyata. Maka jika dipahami ayat-ayat dan hadits-hadits Nabi, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.

Pertama, mustahil manusia melihat Allah selama mereka hidup di dunia, sebagaimana ditegaskan Allah kepada Nabi Musa. Kedua, orang-orang yang beriman dapat melihat Allah di akhirat nanti, sesuai dengan Firman Allah ini.

"Wajah-wajah (orang Mukmin) pada hari itu berseri-seri. Memandang Tuhannya." (QS Al-Qiyamah: 22-23)

Dari ayat ini dipahami bahwa melihat Tuhan pada hari Kiamat itu termasuk nikmat yang diberikan Allah kepada orang-orang yang beriman, karena itu mereka selalu mengharap-harapkannya. Sabda Rasulullah SAW, "Sesungguhnya manusia berkata (kepada Rasulullah SAW), Ya Rasulullah adakah kita melihat Tuhan kita pada hari Kiamat nanti?" Rasulullah menjawab, "Adakah yang menghalangi kalian melihat bulan pada bulan purnama?" Mereka berkata, "Tidak, ya Rasulullah." Rasulullah berkata, "Maka sesungguhnya kamu akan melihat Tuhan seperti melihat bulan purnama itu." (Riwayat Al-Bukhari dan Muslim)

Semua yang wujud dapat dilihat. Hanyalah yang tidak ada wujudnya yang tidak dapat dilihat. Tuhan adalah wajibul wujud, karena itu Tuhan dapat dilihat jika ia menghendaki-Nya. Tuhan melihat segala yang ada, termasuk melihat diri-Nya sendiri. Kalau Tuhan dapat melihat diri-Nya tentu Dia berkuasa pula menjadikan manusia melihat diri-Nya jika Dia menghendaki.

Pada potongan ayat berikutnya Nabi Musa dan kaumnya diperintahkan untuk menerima kitab suci yang Allah turunkan, dan syariat yang harus dijalankan untuk dijadikan pegangan hidup dan diamalkan di dunia. Hanya dengan cara inilah mereka baru bisa dianggap sebagai orang yang bersyukur dan menghargai pemberian nikmat Allah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement