Kamis 23 Dec 2021 22:00 WIB

Putin Desak Barat Beri Jaminan Soal Situasi Ukraina

Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak Barat beri jaminan keamanan soal Ukraina.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Agung Sasongko
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat berbicara selama konferensi pers tahunannya di Moskow, Rusia, Kamis, 23 Desember 2021.
Foto: AP/Alexander Zemlianichenko
Presiden Rusia Vladimir Putin memberi isyarat saat berbicara selama konferensi pers tahunannya di Moskow, Rusia, Kamis, 23 Desember 2021.

IHRAM.CO.ID, MOSKOW -- Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak Barat untuk bergerak cepat memenuhi permintaan Rusia akan jaminan keamanan, Kamis (23/12). Permintaan ini untuk menghalangi ekspansi NATO ke Ukraina dan penyebaran senjata aliansi militer wilayah itu.

Pemimpin Rusia itu menyambut baik pembicaraan dengan Amerika Serikat (AS) yang akan dimulai di Jenewa bulan depan. Namun, dia memperingatkan diskusi yang berfokus pada kebutuhan permintaan Moskow untuk menghasilkan hasil yang cepat.

Baca Juga

"Kami ingin memastikan keamanan kami. Kami luruskan, tidak boleh ada ekspansi lebih lanjut NATO ke arah timur," kata Putin.

Putin juga menuduh Barat berusaha membuat Ukraina menjadi anti-Rusia. "Terus-menerus ditingkatkan dengan senjata modern dan mencuci otak penduduk," katanya.

Menurut Putin, Moskow tidak dapat terus hidup dalam antisipasi terus-menerus dari ancaman keamanan yang ditimbulkan oleh kemungkinan penyebaran senjata Barat di Kiev.

Putin menilai senjata Barat dapat mendorong pasukan hawkish di Ukraina untuk mencoba mendapatkan kembali kendali atas wilayah separatis yang didukung Rusia dengan paksa. Bahkan mereka bisa mencoba untuk merebut kembali Krimea, yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement