Rabu 22 Dec 2021 06:05 WIB

Kisah Zubair bin Awwam, Sang Hawari Nabi Muhammad

Nabi Muhammad mengatakan Zubair adalah salah satu tetangganya di surga.

Kisah Zubair bin Awwam, Sang Hawari Nabi Muhammad. Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto:

Tercatat tujuh orang sahabat Nabi yang pernah berwasiat kepada Zubair untuk memelihara anak-anak mereka. Di antaranya Utsman, Abdurrahman bin Auf, dan bin Mas'ud. Zubair memelihara anak-anak mereka dan menafkahi mereka dari hartanya sendiri.

la meriwayatkan 38 hadits dari Nabi. Di antaranya, Abdullah bin Zubair berkata, "Aku pernah mengatakan kepada ayahku, Zubair, "Aku tidak mendengar ayah meriwayatkan hadits dari Nabi sebagaimana yang dilakukan oleh sahabat lain." Zubair menjawab, "Aku adalah sahabat yang selalu menyertai Nabi dan aku pernah mendengar Beliau bersabda, "Siapa yang berdusta atas namaku dengan sengaja, maka hendaklah ia menyiapkan tempatnya di neraka." (HR. Al-Bukhari)

Dalam perang Al-Jamal (perang unta), ia mengundurkan diri dari barisan pasukan Mu'awiyah setelah ia diingatkan Ali dengan sabda Rasulullah, "Wahai Zubair, tidakkah kamu mencintai Ali?"Zubair menjawab, Tidakkah aku mencintai putra pamanku sendiri (dari pihak ibu dan bapak) dan orang yang seagama denganku?" Beliau mengatakan, "Wahai Zubair, demi Allah, kelak kamu akan memeranginya (Ali) dan kamu berlaku aniaya terhadapnya." Mendengar hadits Nabi ini, ia langsung mengundurkan diri dari pasukan Mu'awiyah dan tidak mau memerangi Ali.

Setelah menarik diri dari perang Al-Jamal, Amr ibn Jurmuz membuntutinya, lalu membunuhnya pada saat Zubair sedang sholat. Kejadian ini terjadi pada tahun 36 H.

sumber : Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah oleh Syaikh Muhammad Sa'id Mursi terbitan Pustaka Al-Kautsar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement