Rabu 22 Dec 2021 06:05 WIB

Kisah Zubair bin Awwam, Sang Hawari Nabi Muhammad

Nabi Muhammad mengatakan Zubair adalah salah satu tetangganya di surga.

Kisah Zubair bin Awwam, Sang Hawari Nabi Muhammad. Sahabat Nabi (Ilustrasi)
Foto:

Zubair adalah putra bibi Nabi. Ibunya adalah Shafiyah binti Abdul Muthalib. la termasuk salah satu di antara 10 orang sahabat yang diberitakan Rasulullah masuk surga.

Tentang Zubair a, Rasulullah mengatakan, "Thalhah dan Zubair; keduanya adalah tetanggaku di surga." (HR. At-Tirmidzi)" la termasuk sahabat Nabi yang kaya raya dan berprofesi sebagai pedagang. Ia meninggalkan harta senilai 40 juta dirham.

Di dadanya terdapat bekas luka tusukan tombak dan anak panah yang bentuknya seolah seperti mata. la ikut berhijrah ke Habasyah, yang pertama dan yang kedua. Ia tidak pernah absen mengikuti semua peperangan bersama Nabi.

Rasulullah pernah mendelegasikannya dan Abu Bakara bersama 70 orang dari kaum muslimin untuk mengusir orang-orang musyrik pascaperang Uhud. Ia menamai semua anaknya dengan nama para syuhada.

Mereka adalah Mundzir, Urwah, Hamzah, Ja'far, Abdullah, Mush'ab, dan Khalid. la tidak pernah menjabat sebagai gubernur. Ia hanya pernah menjabat sebagai panglima perang di jalan Allah.

la pernah berhasil mencerai-beraikan antara pasukan Malik ibn 'Auf, pemimpin wilayah Hauzan, dengan penglima tentara orang-orang musyrik dalam perang Hunain. Pada gilirannya, kekuatan mereka menjadi kacau-balau dan akhirnya ia berhasil memukul mundur pasukan mereka.

 

sumber : Tokoh-Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah oleh Syaikh Muhammad Sa'id Mursi terbitan Pustaka Al-Kautsar
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement