Selasa 21 Dec 2021 07:00 WIB

Alquran Jelaskan Etika Berdoa kepada Allah SWT

Berdoa kepada Allah hendaklah dengan penuh kerendahan hati.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Alquran Jelaskan Etika Berdoa kepada Allah SWT
Foto:

Firman Allah, "Maka kamu tidak akan mendapatkan perubahan bagi ketentuan Allah, dan tidak (pula) akan menemui penyimpangan bagi ketentuan Allah itu." (QS Fathir: 43)

Berdoa dihadapkan kepada selain Allah atau dengan memakai perantara (washilah) orang yang sudah mati adalah melampaui batas yang sangat tercela. Berdoa itu hanya dihadapkan kepada Allah, tidak boleh menyimpang kepada yang lain.

Allah berfirman, "Katakanlah (Muhammad), panggillah mereka yang kamu anggap (tuhan) selain Allah, mereka tidak kuasa untuk menghilangkan bahaya darimu dan tidak (pula) mampu mengubahnya. Orang-orang yang mereka seru itu, mereka sendiri mencari jalan kepada Tuhan siapa di antara mereka yang lebih dekat (kepada Allah). Mereka mengharapkan rahmat-Nya dan takut akan azab-Nya. Sungguh, azab Tuhanmu itu sesuatu yang (harus) ditakuti." (QS Al-Isra': 56-57)

Hadis Nabi Muhammad SAW diriwayatkan dari Abu Hurairah dia berkata, telah bersabda Rasulullah SAW, "Mintalah kepada Allah washilah untukku." Mereka bertanya, "Ya Rasulullah, apakah washilah itu?"

Rasulullah menjawab, "Dekat dengan Allah azza Wa Jalla, kemudian Rasulullah membaca ayat (mereka sendiri) mencari jalan kepada Tuhan mereka, siapa di antara mereka yang lebih dekat kepada Allah." (Riwayat at-Tirmidzi dari Ibnu Mardawaih)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement