Selasa 21 Dec 2021 05:05 WIB

Sejarah Pedagang Maroko di Manchester, Bukti Integrasi Identitas Arab

Pedagang Maroko mulai mengunjungi Inggris pada awal abad keenam belas. 

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Sejarah Pedagang Maroko di Manchester, Bukti Integrasi Identitas Arab. Pada abad kesembilan belas dan awal abad kedua puluh, komunitas pedagang Suriah/Lebanon sudah ada di Manchester, Inggris.
Foto:

"Mereka memiliki kecenderungan aneh menikmati hidup, kehidupan yang menyenangkan yang ditawarkan oleh kota-kota Inggris dan resor mereka," katanya.

Benjelloun mengingat orang Maroko terpesona dengan taman umum Inggris, ruang hijau, dan resor tepi laut dan sering pergi mendaki dan piknik serta pergi ke bioskop dan teater. Benjelloun ingat dia dan anak-anak Maroko lainnya akan bebas bergaul dengan anak-anak Inggris dan orang tua mereka, bersekolah di sekolah yang sama.

Sementara orang tuanya bersikeras putra mereka dikecualikan dari ibadah Kristen di sekolah, dia dan anak-anak lain akan merayakan Natal, bertukar hadiah dengan anak-anak Inggris. Namun, pengalaman Benjelloun tidak sepenuhnya positif. Dia ingat sering diganggu oleh anak-anak lain karena asal usul Marokonya dan sebagai akibatnya memiliki karakter pemalu.

Sebagian besar komunitas Maroko awal ini telah kembali ke Maroko pada 1936 ketika perdagangan tekstil Lancashire menurun. "Terlepas dari kerugian materi yang cukup besar untuk kota ini, Manchester telah kehilangan banyak warga negara yang baik yang, sambil mempertahankan semua kebiasaan dan atribut oriental mereka, membangun reputasi yang tiada duanya untuk transaksi jujur dan hidup bersih bagi diri mereka sendiri," tulis Manchester City News.

Meskipun komunitas Maroko awal di Manchester relatif kecil dan akhirnya kembali ke Maroko, namun mereka memberikan contoh yang sangat baik tentang bagaimana komunitas Arab terintegrasi ke dalam kehidupan Inggris pada saat sebelum konsepsi modern dari kewarganegaraan dan kesetaraan ras, dengan perlindungan terkait, telah didirikan. Pada 1930-an ketika sebagian besar komunitas Maroko asli Manchester telah kembali ke negara asal mereka, orang Arab lainnya, terutama Yaman, membangun kehadiran yang lebih permanen di kota-kota Inggris. 

 

https://english.alaraby.co.uk/features/british-arab-history-moroccan-merchants-manchester

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement