Senin 20 Dec 2021 05:30 WIB

Sandi Uno Ajak Pemuda Hidayatullah Lahirkan Inovasi Hadapi Pandemi

Pemuda Hidayatullah diajak terus lakukan strategi, inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno
Foto: Dok Pemuda Hidayatullah
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)  Sandiaga Salahuddin Uno, mengajak pemuda Hidayatullah melahirkan inovasi dalam menghadapi pandemi yang kini masih menyisakan dampak yang tidak sederhana di berbagai sektor kehidupan.

"Kemenparekraf terus mendorong pelaku usaha kreatif termasuk Pemuda Hidayatullah untuk melakukan strategi, inovasi, adaptasi dan kolaborasi," kata Sandiaga dalam video sambutan pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pemuda Hidayatullah, Sabtu (18/12). 

Dalam sambutannya itu, Sandiaga mengatakan pandemi telah memberi dampak yang sangat signifikan terhadap seluruh sektor dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tidak terkecuali pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Namun kita harus bangkit di mana kita dapat menyesuaikan diri dengan keadaan saat ini dengan menciptakan peluang peluang baru," katanya seperti dikutip dalam rilis yang diteirma Republika.co.id. 

Menurut Sandiaga, pandemi Covid-19 tidak boleh sampai menghalangi masyarakat Indonesia  untuk terus aktif dan terus melakukan berbagai inovasi.

Dalam pada itu, kendati masih dalam hantaman pandemi, Sandi juga mengajak masyarakat Indonesia  agar terus melakukan inovasi dalam menjalankan usaha agar semakin bersaing dengan menerapkan apa yang disebutnya sebagai semangat "3G". 

"Gercep, gerak cepat. Geber, gerak bersama. Dan, gaspol, garap semua potensi online untuk bangkit dan ciptakan lapangan kerja," katanya menjelaskan perihal akronim tersebut. 

Menyapa segenap peserta Rakernas Pemuda Hidayatullah yang berlangsung selama tiga hari tersebut, Sandiaga menyampaikan rasa syukur karena peserta dapat hadir dalam keadaan sehat walafiat. 

"Mari kita bergerak bersama Pemuda Hidayatullah dan berperan aktif dalam pemulihan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif. Semoga semakin banyak membentuk kader muda bangsa dalam bingkai Islam yang rahmatan lil alamin dan berdedikasi serta memiliki loyalitas yang tinggi," pungkasnya. 

Dalam pembukaan Rakernas tersebut, hadir Ketua Umum DPP Hidayatullah KH Nashirul Haq beserta sejumlah jajaran serta pengurus Yayasan Pendidikan Islam Ar-Rohmah Putri selaku tuan rumah penyelenggaraan acara. 

Dalam laporan saat menyampaikan sambutannya pembukaan Rakernas, Ketua Umum PP Pemuda Hidayatullah Imam Nawawi mengatakan mereka akan terus memokuskan gerakannya pada 3 program utama. 

Pertama, kata dia, Pemuda Hidayatullah akan semakin memantapkan program Leadership Training Center (LTC), selanjutnya adalah penguatan gerakan pendidikan Al Qur'an bersanad (LPQ), dan ketiga meneguhkan program literasi guna melahirkan lebih banyak pegiat kebaikan dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Ketiganya berkelindan dalam satu nafas gerakan Pemuda Hidayatullah untuk lahirnya pemuda, umat, bangsa, dan negara yang progresif beradab," tukasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement