Rabu 15 Dec 2021 05:15 WIB

Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah

Nabi Shaleh memerintahkan umatnya untuk berpaling dari perilaku buruk.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah
Foto:

Meski demikian, Nabi Shaleh menyetujui hal tersebut dengan syarat apabila keinginan mereka tercapai mereka akan percaya kepada Allah SWT dan mengeluarkan unta betina itu dari batu. Nabi Shaleh kemudian dengan khusyuk berdoa kepada Allah untuk menjawab permintaan mereka.

Batu besar itu pun bergerak dan terbelah, dan dari situ muncul lah seekor unta betina yang luar biasa, yang sedang hamil dan akan segera melahirkan. Allah memberikan orang-orang Tsamud keajaiban ini untuk menguji mereka, untuk melihat apakah mereka akan mematuhi perintah-Nya.

Nabi Shaleh mengatakan kepada kaum Tsamud bahwa unta itu tinggal di antara orang-orang Tsamud dan segera melahirkan seekor anak sapi. Beberapa orang menerima untuk percaya kepada Allah karena apa yang telah mereka lihat dan karena apa yang telah mereka janjikan.

Namun, yang lain tidak, dan mereka mulai membenci unta karena itu mengingatkan mereka pada Nabi Shaleh dan janji yang telah mereka buat kepadanya. Dalih itu pun digunakan untuk merumput di antara kawanan mereka dan minum dari air mereka.

Pesan dakwah Nabi Shaleh

Pesan dakwah Nabi Shaleh adalah hal penting yang perlu diketahui umat manusia. Oleh karena itu kisahnya diabadikan di Alquran agar jangan sampai generasi setelah kaum tersebut mengulangi tindakan yang dilakukan kaum Tsamud.

Dari kisah itu, terdapat hikmah yang dapat dipetik oleh umat manusia. Bahwa manusia sebagai makhluk Allah tidak boleh menguji apalagi menantang kebesaran Allah SWT. Apalagi sampai meminta tanda dan bukti dari-Nya, sebab seluruh ciptaan Allah merupakan sebagian kecil dari tanda-tanda Kebesaran dan kebaikan Allah yang dinampakkan di dunia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement