Rabu 15 Dec 2021 05:15 WIB

Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah

Nabi Shaleh memerintahkan umatnya untuk berpaling dari perilaku buruk.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Pesan Dakwah Nabi Shaleh: Jangan Menguji Kebesaran Allah
Foto:

Pesan yang sederhana itu justru disikapi oleh kaum Tsamud dengan sangat keras kepala. Mereka menolak pesan yang dibawakan Nabi Shaleh dan menentangnya.

Namun, cara Allah menegur kaum Tsamud terkadang di luar pemahaman umat manusia. Cara Allah memilih untuk berbicara kepada orang-orang Tsamud adalah melalui kisah seekor unta.

Dalam Alquran, Allah SWT mengabadikan kisah Nabi Shaleh dalam Surah Al-A’raf ayat 73, yang artinya, “Dan (Kami telah mengutus) kepada kaum Tsamud saudara mereka Shaleh. Dia berkata, ‘Wahai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu selain-Nya. Sesungguhnya telah datang bukti yang nyata kepadamu dari Tuhanmu. Unta betina Allah ini menjadi tanda bagimu, maka biarkanlah dia makan di bumi Allah, dan janganlah kamu menngganggunya dengan gangguan apapun, (yang karenanya) kamu akan ditimpa siksaan yang pedih,”.

Kisah seperti yang diceritakan dalam Alquran ini lantaran perilaku kaum Tsamud yang sangat angkuh mereka menolak kenabian Nabi Shaleh. Mereka meminta bukti kepada Nabi Shaleh atas kenabian tersebut, bukti dia merupakan utusan Tuhan.

Mereka bertanya kepadanya, pada kenyataannya, bukan hanya untuk tanda apa pun, tetapi sesuatu yang sangat spesifik. Kaum Tsamud menunjuk ke sebuah batu besar yang berdiri sendiri, dan mengusulkan kepadanya bahwa dia meminta Tuhannya untuk membuat unta betina dari itu.

photo
Madain Saleh - (Alarabiya)

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement