Senin 13 Dec 2021 23:24 WIB

2 Tanda Perbuatan Baik dan Ciri Orang yang Berada dalam Kebaikan

Ciri-ciri perbuatan baik membuat hati tenang

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Ciri-ciri perbuatan baik membuat hati tenang. Seorang Muslim tengah beribadah di Masjid (ilustrasi)
Foto:

Salah satu tanda pertama, ialah kita diberikan kemudahan Allah ﷻ dalam memahami agama Allah ﷻ. Seperti hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, “Rasulullah bersabda: 

مَن يُرِدِ اللهُ به خيرًا يُفَقِّهْه في الدينِ  “Barang siapa yang dikehendaki kebaikan ada padanya, maka akan dimudahkan pemahaman agamanya.”

Inilah salah satu tanda Allah ﷻ dalam memberikan rencana kebaikan dalam kehidupan kita. Jika kita diberikan hidayah oleh-Nya, maka seharunya kita bersyukur karena masih diberikan jalan untuk mengenal dan mempelajari agama-Nya.  

Hal ini bisa menjadi dorongan untuk kita agar berusaha menambah pemahaman agama hingga ke sendi-sendinya. Hal ini juga merupakan tanda hidupnya hati, yakni hati yang mudah ditanami dengan kebaikan yang ada di agama kita  

Yang menjadi tanda kedua ialah kita diberikan kebaikan atas rencana Allah ﷻ melalui musibah yang diberikan. Mungkin sebagian dari kita merasa bingung, bagaimana suatu musibah merupakan tanda kebaikan yang diberikan Allah ﷻ?  

عن أبي هريرة -رضي الله عنه- قال: قال رسول الله -صلى الله عليه وسلم-: من يُرِدِ الله به خيرا يُصِبْ مِنه

“Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa dikehendaki kebaikan oleh Allah akan memberikan cobaan kepadanya.” (HR Bukhari) 

Pada prinsipnya, Allah ﷻ lebih tahu kebaikan bagi seorang hamba-Nya. Terkadang apa yang menurut kita tidak baik dan tidak disukai, bisa jadi itulah hal baik dari Allah ﷻ yang sepantasnya kita terima.  

5 Alasan Mengapa Babi Haram Dikonsumsi Menurut Islam

Pun sebaliknya jika kita rasa telah melakukan kebaikan sedemikian rupa, tetapi Allah ﷻberikan cobaan kepada kita, bisa jadi itulah hal terbaik yang telah Allah ﷻ jadikan tanda untuk kita. Seperti firman Allah dalam Surat An Nisa ayat 19.

 فَعَسَىٰ أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَيَجْعَلَ اللَّهُ فِيهِ خَيْرًا كَثِيرًا “Mana mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjanjikan padanya kebaikan yang banyak.”  

 

Jadi, hikmah di balik musibah sangatlah banyak. Mungkin di sisi lain musibah didatangkan karena dosa-dosa kita di masa lalu dan Allah ﷻmenurunkan musibah tersebut agar kita bersabar. Dengan bersabar itulah Allah ﷻ mengganjar kita dengan tambahan pahala dan kebaikan sekaligus menggugurkan dosa yang telah diperbuat di masa lampau.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement