Senin 13 Dec 2021 05:15 WIB

Istri Dihina Ibu Sendiri, Apa yang Bisa Suami Lakukan?

Komunikasikan dengan lembut betapa menyakitkannya ucapan ibu kepada sang istri.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Istri Dihina Ibu Sendiri, Apa yang Bisa Suami Lakukan? Ilustrasi Suami Istri
Foto:

Menyadarkan perilaku ibu

Menurut konselor, mungkin ibu tidak menyadari dengan tepat betapa menyakitkan perilakunya dan itu membuatnya merasa tertekan.  Jika dia tidak mengetahui hal ini, dia mungkin akan terus berperilaku seperti ini.

“Anda dapat memberi tahu dia bahwa menurut Anda istri Anda sekarang melihatnya sebagai sosok ibu sejak ibunya sendiri meninggal baru-baru ini.  Ini mungkin membuatnya mengembangkan perasaan keibuan terhadapnya dan karenanya mengubah pendekatannya terhadap istri Anda,”tuturnya.

Perlakukan istrimu dengan spesial

Pada saat yang sama, konselor menjelaskan untuk terus membuat istri merasa istimewa dan dicintai dalam upaya untuk melawan efek kata-kata menyakitkan. Dengan cara ini, suami dapat secara tidak langsung mendukungnya tanpa membahas masalah yang mendasarinya.

“Biarkan dia tahu Anda sadar komentar ibu Anda menyakitinya dan bahwa Anda tidak setuju dengan apa yang ibu Anda katakan.  Pastikan dia bahwa Anda mengerti mengapa hal itu membuatnya sangat kesal,” katanya.

Membangun hubungan keluarga

Bisa juga mengatur kegiatan dan acara keluarga yang akan membangun hubungan keluarga. Upaya ini dapat meningkatkan hubungan istri dan ibu. Acara keluarga sederhana bisa seperti makan malam bersama atau pergi jalan-jalan bersama.

“Ini bisa menjadi pilihan untuk meminta istri Anda mundur dari mengambil tanggung jawab untuk ibu Anda untuk sementara waktu untuk memberi ibu Anda kesempatan untuk menghargai apa yang dilakukan istri Anda dan memiliki ruang untuk merenungkan hal ini,” ujarnya.

“Yang dapat Anda lakukan adalah membawa istri Anda pergi berlibur singkat (atau lebih lama jika Anda mau). Ini akan memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan cinta dan penghargaan Anda untuk istri Anda serta memberinya istirahat sementara dari penghinaan ibu Anda. Pada saat yang sama, ibumu juga akan memiliki ruang jauh dari istrimu untuk menghargai kebaikan yang dia lakukan untuknya setiap hari,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement