Kamis 02 Dec 2021 14:04 WIB

Benahi Niat Sebelum Menikah

Niat menikah yang salah akan membuat rumah tangga menjadi rusak.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Benahi Niat Sebelum Menikah
Foto:

Sehingga ia berharap dirinya akan menjadi orang ternama dari keluarga terpandang yang disanjung banyak orang. Justru niat seperti ini akan mengantarkan derajat lebih rendah. 

Maka dari benahilah niat sebelum menikah, yakni untuk menjalankan menggapai ridha Allah, menjalankan sunnah Rasulullah ﷺ, menjaga pandangan dan kemaluan dari perbuatan dosa dan zina, untuk menyambut tali keluarga, untuk memiliki anak keturunan seorang Muslim yang kuat dan dapat memberi manfaat sebesar-besarnya bagi kemaslahatan umat. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :  مَنْ تَزَوَّجَ امْرَأَةً لِعِزِّهَالَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ إِلَّا ذُلًّا, وَمَنْ تَزَوَّجَهَالِمَالِهَالَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ اِلَّا فَقْرًا, وَمَنْ تَزَجَّهَالْحَسَبِهَالَمْ يَزِدْهُ اللَّهُ إِلَّا دَنَاءَةً ,وَمَنْ تَزَوَّجَ امْرَأَةً لَمْ يُرِدْبِهَااِلَّا أَنْ يَغُضَّ بَصَرَهُ وَيُحَصِّنَ فَرْجَهُ أَوْيَصِلَ رَحِمَهُ بَارَكَ اللَّهُ لَهُ فِيْهَاوَبَارَكَ لَهَافِيْهِ. 

Rasulullah ﷺ bersabda: Barangsiapa menikahi seorang wanita karena mulianya (pangkat kedudukan) maka tidak menambahi Allah padanya kecuali tambah kehinaannya. Dan barangsiapa menikahi wanita karena harta bendanya, maka tidak menambahi Allah kecuali tambah kefakirannya. Dan barangsiapa menikahi wanita karena derajat sosialnya, maka tidak menambahi Allah kecuali tambah rendah. Barangsiapa yang menikahi wanita karena tidak mengharapkan pada wanita itu kecuali ingin menjaga pandangannya, dan menjaga kemaluannya, atau untuk menyambungkan tali keluarga, maka bakal memberkahi Allah laki-laki itu karena wanita itu, dan memberkahi wanita itu karena laki-laki itu.  (HR. Thabarani)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement