Kamis 02 Dec 2021 14:04 WIB

Benahi Niat Sebelum Menikah

Niat menikah yang salah akan membuat rumah tangga menjadi rusak.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Benahi Niat Sebelum Menikah
Foto: Aston Priority Simatupang Hotel & Conference
Benahi Niat Sebelum Menikah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luruskanlah niat dan tujuan ketika akan menikah. Jangan sampai salah niat dan tujuan karena itu akan membuat rumah tangga menjadi rusak.

Rasulullah ﷺ telah mewanti-wanti umatnya agar jangan sampai salah niat ketika akan menikahi seseorang. Rasulullah melarang seorang Muslim menikah karena melihat pangkat kedudukan calon istri atau suaminya.

Baca Juga

Sehingga ia berharap akan menjadi orang yang terhormat dan mendapat pujian dan sanjungan dari banyak orang ketika menikahinya. Justru karena salah dalam berniat, maka yang akan didapatnya adalah kehinaan. 

Rasulullah juga melarang seseorang menikah karena melihat harta benda calon istri atau calon suaminya. Ia berharap dengan menikahinya maka ia pun menjadi orang yang kaya raya. Niat semacam ini justru akan membuat orang tersebut terjun bebas pada kefakiran. 

 

Rasulullah juga melarang menikahi orang karena derajat sosialnya. Misalnya, karena orang tua calon suami atau calon istri adalah seorang bangsawan atau seorang tokoh termasyur.

photo
Hukum pernikahan dalam Islam (Infografis) - (Republika)

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement