Kamis 02 Dec 2021 13:06 WIB

Ciri Istri Salehah

Sebaik-baiknya perhiasan adalah istri yang salehah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Ciri Istri Salehah
Foto:

Akhlaknya pun baik kepada suami dan anak-anaknya. Dan ketika berbicara dengan suaminya, ia tidak mengeluarkan suara yang lebih tinggi dari suaminya.

Istri yang salehah juga yang menuruti suaminya. Dan istri salehah itu mampu menjaga harga dirinya, kehormatan keluarganya, harta benda keluarganya terlebih yang khusus milik suaminya, ketika suaminya itu sedang tidak di rumah. 

Wanita salehah tidak akan berselingkuh. Ia tidak akan berani memasukan lelaki asing ke dalam rumah ketika suaminya pergi.

Wanita salehah akan menjaga baik apa yang diamanatkan suaminya. Ia tidak akan menjual atau pun sekadar meminjamkan benda-benda milik suaminya kepada orang lain tanpa terlebih dulu mendapatkan izin dari suaminya. 

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَااسْتَفَادَالْمُؤْمِنُ بَعْدَتَقْوَى اللَّهِ خَيْرًالَهُ مِنْ زَوْجَةٍ صَالِحَةٍ, إِنْ أَمَرَهَاأَطَاعَتْهُ وَاِنْ نَظَرَ إِلَيْهَا سَرَّتْهُ, وَاِنْ أَقْسَمَ عَلَيْهَاأَبَرَّتْهُ, وَاِنْ غَابَ عَنْهَا نَصَحَتْهُ فِى نَفْسِهَاوَمَالِهِ.  

Nabi Muhammad ﷺ bersabda: "Tidaklah memperoleh seorang Mukmin sesudah bertakwa kepada Allah sebuah kebaikan bagiannya daripada memperoleh Istri yang salehah. Apabila memerintah kepadanya maka ia taat pada suaminya, apabila suaminya melihatnya maka membahagiakan, apabila sumpah suaminya atas istrinya maka ia menuruti suaminya, apabila suaminya pergi maka ia menjaga dirinya dan harta suaminya," (HR. Ibnu Majah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement