Rabu 01 Dec 2021 22:55 WIB

Persamaan yang Melekat pada Diri Seorang Nabi dan Rasul

Para nabi dan rasul mempunyai banyak persamaan salah satunya misi tauhid

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Para nabi dan rasul mempunyai banyak persamaan salah satunya misi tauhid. Ilustrasi tauhid
Foto:

Ustadz Syahrullah yang juga anggota Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan bahwa para nabi dan rasul itu pasti adalah manusia pilihan yang mendapat petunjuk dari Allah ﷻ. 

Para nabi dan rasul pasti cerdas dan kecerdasannya bukan karena proses belajar sebagaimana manusia pada umumnya, melainkan kecerdasan nabi dan rasul adalah langsung diberikan Allah ﷻ. 

Lebih lanjut Ustadz Syahrullah mengatakan begitu dekatnya para nabi dengan Allah ﷻ sehingga ketika mendapatkan wahyu mereka bersujud seraya menangis penuh ketakjuban.   

Selain itu Ustadz Syahrullah mengatakan, para nabi memiliki tali persaudaraan satu sama lainnya. 

Agamanya satu yakni Islam. Meski dalam penerapan syariat memiliki perbedaan. Misalnya Rasulullah ﷺ yang memiliki garis keturunan ke nabi Ismail putra Nabi Ibrahim. Sementara Nabi Musa diutus pada bangsa Israil yang memiliki garis keturunan ke Nabi Ishaq putra Nabi Ibrahim.  

Para nabi dan rasul mengemban misi yang sama yaitu diutus agar manusia mentauhidkan Allah ﷻ, mengajarkan kebaikan dan menghindarkan dari keburukan. 

"Nabi Muhammad ﷺ terakhir , dan yang menghimpun semuanya, mengumpulkan semua kelebihan-kelebihan yang ada pada nabi-nabi sebelumnya. Ini juga patut kita pahami bahwa Islam sudah sempurna," kata Ustadz Syahrullah yang juga Dosen ilmu tafsir Alquran Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Menurut Ustadz Syahrullah para nabi dan rasul memiliki kesamaan karakternya. Yaitu sama-sama menjadi teladan (al qudwatus sholiha). 

Masing-masing nabi memberikan keteladanan pada kaumnya dan kaum-kaum setelahnya. Sebab itu umat Muslim pun tidak boleh mengesampingkan dalam mengambil teladan dari nabi-nabi terdahulu yang diutus sebelum Nabi Muhammad ﷺ. 

Persamaan para nabi dan rasul lainnya adalah diutus untuk menyelamatkan akidah (salamatul aqidah) dengan menyeru manusia untuk bertauhid.  

Baca juga: 5 Dalil Tegaskan Rasulullah SAW Bukan Penebus Dosa Umatnya

Kesamaan karakter para nabi yang lain adalah banyak beribadah (kasratul ibadah). Bahkan Rasulullah ﷺ menjadi nabi dan rasul yang paling banyak beribadah dan memohon ampunan kepada Allah. 

Padahal Rasulullah ﷺ adalah manusia pilihan yang terjaga dari kesalahan dan dosa serta telah mendapat jaminan Allah ﷻ. 

Ini menjadi pelecut bagi umatnya untuk meningkatkan kedekatan kepada Allah ﷻ . Para nabi dan rasul tidak mewariskan harta tetapi mewariskan ilmu dan keteladanan pada keturunan dan umatnya. Sebab dengan ilmu dan keteladanan akan menyelamatkan keturunan dan umatnya dalam menjalani kehidupan di dunia.  

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement