Selasa 30 Nov 2021 05:19 WIB

Hindari Tiga Niat Ini Saat Membaca Alquran

Membaca setiap huruf Alquran membawa pahala yang besar.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Hindari Tiga Niat Ini Saat Membaca Alquran
Foto:

2. Berusaha mendukung argumen

Anda juga tidak boleh membaca Alquran dengan niat tetap untuk mencari dukungan bagi pandangan, gagasan, dan doktrin Anda sendiri. Karena jika melakukannya, Anda mungkin akan mendengar gema dari suara sendiri di dalamnya, dan bukan suara Tuhan.  

3. Mencari keuntungan duniawi

Tidak ada yang lebih disayangkan daripada menggunakan Alquran untuk mengamankan diri Anda sendiri, hal-hal duniawi seperti nama, harga diri, status, ketenaran atau uang. Seseorang mungkin akan mendapatkannya, tetapi Anda pasti akan menukar harta yang tak ternilai dengan gratis, bahkan menimbulkan kerugian dan kehancuran abadi.

Membaca setiap huruf Alquran membawa pahala yang besar. Tetaplah sadar akan semua pahala, dan jadikan itu sebagai tujuan dan niat Anda. Dan jangan pernah lupa bahwa dengan memahami, menyerap, dan mengikuti Alquran, seorang telah dijanjikan pahala yang jauh lebih besar, di dunia ini dan di akhirat. Inilah yang harus dituju.

Pada akhirnya, niat Anda harus diarahkan untuk hanya mencari keridhaan-Nya dengan mengabdikan hati, pikiran, dan waktu untuk bimbingan yang telah Dia kirimkan kepada umatnya. Allah Ta'ala berfirman, "Dan di antara manusia ada orang yang mengorbankan dirinya untuk mencari keridhaan Allah... " (QS. Al-Baqarah ayat 207).

photo
Jalan rejeki menurut Alquran (ilustrasi) - (republika)
 

https://aboutislam.net/shariah/quran/quranic-reflections/establish-fruitful-relationship-quran-part-24/

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement