Kamis 11 Nov 2021 05:35 WIB

Nasihat Nabi SAW untuk Sahabat yang Minta Izin Selingkuh

Nabi Muhammad SAW berusaha membantunya memberikan jawaban.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Nasihat Nabi SAW untuk Sahabat yang Minta Izin Selingkuh
Foto:

Dengan pendekatan yang lembut, pengertian, dan meyakinkan, Nabi SAW berusaha membantunya memberikan jawaban itu daripada menjatuhkan atau menyalahkannya. Hal ini dilakukan Nabi untuk memperkuat dan membentengi pemuda itu dalam pertempurannya dengan godaan.

Hal yang dapat dipetik dari kisah ini bukan hanya tentang kesalahan zina, tetapi yang paling penting apakah mereka akan kembali ke masjid untuk berdiskusi dan menemukan jawaban untuk masalah masa depan mereka atau tidak. Mendengarkan kaum muda, memahami masalah mereka dan dengan sepenuh hati merangkul dan merawat mereka, apa pun masalah yang mereka hadapi.

Dalam hadits di atas, para sahabat sendiri tidak mampu menahan keterkejutan mereka. Ini juga reaksi alami para imam dan tokoh masyarakat jika dihadapkan pada pertanyaan serupa.

Nabi SAW menangani situasi ini sebagai seorang pendidik yang hebat. Beliau menarik pemuda itu lebih dekat kepadanya, membahas masalah secara rasional.

Lebih jauh lagi, Nabi SAW tidak membiarkan kejadian itu berlalu tanpa sentuhan spiritualnya yang unik. Menempatkan tangannya pada pemuda itu dan berdoa untuknya pasti meninggalkan efek yang tak terlupakan.

photo
Infografis Tiga Orang yang Dicintai Allah SWT - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement