Senin 08 Nov 2021 17:03 WIB

Beberapa Kunci Kesuksesan Rasulullah SAW dalam Berdakwah

Rasulullah Muhammad SAW dan para nabi dijaga Allah SWT

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah Muhammad SAW dan para nabi dijaga Allah SWT. Rasulullah SAW (ilustrasi)
Foto:

Menurut Ustadz Okrisal, peran para istri Rasulullah pun sangat besar dalam membantu keberhasilan dakwah nabi. Sebagaimana Khadijah yang memberikan ketenangan saat Rasulullah menerima wahyu dan dengan rela memberikan hartanya untuk membantu nabi dalam menegakan Islam.  

Rahasia sukses Rasulullah juga terletak pada sistem dakwah yang menggunakan metode hikmah atau teladan. Rasulullah mengajarkan para sahabat dan umatnya untuk hidup sederhana. Dan begitu pula kehidupan Rasulullah yang sederhana dan jauh dari kemewahan meski pun sebagai seorang pemimpin. 

Kesuksesan Rasulullah juga terletak pada jelasnya tujuan dari apa yang diperjuangkannya yaitu semata-mata karena Allah. Lebih lanjut menurut Ustadz Okrisal kekuatan dakwah Rasulullah dengan prinsip kebersamaan dalam berjuang juga menjadi kunci kesuksesan Rasul dalam membangun peradaban baru.  

"Beliau sama-sama susah, sama-sama gembira. Bahkan kata rasul itu kalau ada kebahagiaan, saya orang terakhir yang merasakan dan bila ada penderitaan saya orang pertama yang merasakan. Beliau mendahulukan kepentingan dan keselamatan umat," katanya.  

Meski sebagai pemimpin Rasulullah memberikan kebebasan pada para sahabat dalam berkreasi, memberikan pendapat. Bahkan Rasulullah memberikan wewenang dan kepercayaan pada sahabat untuk melaksanakan misi-misi tertentu. Ini pula yang menurut Ustadz Okrisal menjadi salah satu kesuksesan Rasulullah dalam membangun dakwah dan peradaban.   

Sebagai pemimpin Rasulullah sangat kharismatik dan demokratis. Rasulullah tidak sungkan menerima masukan dari para sahabat. Semisal ketika hendak menghadapi kaum kafir di medan perang, Rasulullah menerima usulan sahabat agar memindahkan pasukan ke sisi lain. Begitupun ketika perang Khandaq, Rasul menerima saran Salman Al Farisi untuk membuat parit.  

Dan yang juga kunci penting dalam perjuangan nabi adalah adanya para shahabiyah yang kuat, cerdas, dan tabah dalam mendampingi perjuangan nabi. Contohnya saja Khadijah dan Aisyah.  

 

"Kita tahu sukses Rasulullah tentu tak lepas juga  dari peran sahabiyah dengan peran mereka sebagai seorang istri yang sangat qanitat taat kepada suami atas perintah Allah," katanya.      

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement