Ahad 07 Nov 2021 04:05 WIB

Eternals Diberi Rating M18 di Singapura

Eternals menjadi film MCU pertama yang diberi rating M18 di Singapura.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Film Eternals mendapat rating M18 di Singapura dan Rusia.
Foto: Disney/Marvel Studios
Film Eternals mendapat rating M18 di Singapura dan Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA — Eternals tayang tanpa pemotongan adegan di Singapura. Namun, film Marvel Cinematic Universe (MCU) itu mendapat rating M18+ dari Infocomm Media Development Authority (IMDA) Singapura karena memuat konten Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) dan adegan dewasa.

Rating itu menjadikan Eternals sebagai film Marvel Cinematic Universe (MCU) pertama yang diklasifikasikan untuk usia 18 tahun ke atas. Film yang dibintangi Angelina Jolie itu baru menerima peringkat M18 (Mature-18) pada Rabu pagi (3/11), sehari sebelum pemutarannya di bioskop.

Baca Juga

"Film ini berisi beberapa referensi dan penggambaran homoseksual. Seorang laki-laki berkeluarga dengan jenis kelamin yang sama dan memiliki anak," tulis IMDA dalam website resminya, dilansir Today Online, Sabtu (6/11).

Konten dewasa yang dimaksud merujuk pada karakter yang digambarkan secara gamblang sebagai gay, Phastos. Karakter Eternal yang diperankan Brian Tyree Henry itu berpelukan dan berciuman singkat dengan suaminya (Haaz Sleiman) sebelum menjalankan misi menyelamatkan Bumi.

Atas dasar itulah, IMDA menyebut film arahan sutradara pemenang oscar untuk Nomadland, Chloe Zhao, lebih tepat berada di bawah Pedoman Klasifikasi M18. Pedoman tersebut mengatur penggambaran non-eksplisit dari aktivitas seksual ringan atau tindakan keintiman, misalnya berciuman dan berpelukan, antara orang-orang dengan jenis kelamin yang sama.

Perwakilan Disney menolak mengomentari klasifikasi tersebut. Sementara itu, dalam wawancara dengan IndieWire, Zhao mengaku yakin telah ada diskusi yang dilakukan dan hasilnya Marvel menolak sensor.

"Dan ada keinginan besar dari Marvel dan saya sendiri, kami membicarakan hal ini, kami tidak akan mengubah potongan film," katanya.

Di Amerika Serikat (AS), Eternals diberi peringkat PG-13 untuk konten kekerasan dan aksi fantasi, serta beberapa bahasa, dan seksualitas. Rusia termasuk negara lain yang juga telah memberi klasifikasi 18+.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement